Pameran Geneva Motor Show Semakin Sepi, Ini Penyebabnya

Senin, 29 Januari 2024 - 16:09 WIB
loading...
Pameran Geneva Motor Show Semakin Sepi, Ini Penyebabnya
Ajang pameran otomotif, Geneva Motor Show. FOTO/ GTSPIRIT
A A A
MILAN - Dahulu, Geneva Motor Show dianggap sebagai pameran otomotif terbesar dan terhebat di dunia. Di sinilah model konsep diperkenalkan ke publik dan banyak pabrikan berlomba-lomba ikut serta mengungkap model terbaiknya.



Seperti dilansir dari Autopro Senin (29/1/2024), kini roda telah berputar dan kejayaan masa lalu tidak akan terulang kembali. Untuk tahun ini, hanya delapan pabrikan yang mengonfirmasi keikutsertaan dalam pameran otomotif bersejarah ini.

Pameran tahun ini rencananya berlangsung pada 26 Februari hingga 3 Maret dan hanya dihadiri oleh dua perusahaan ternama asal Eropa, Renault dan Dacia.

Bagaimana dengan perusahaan Jepang? Bahkan tidak ada satu pun. Perusahaan peserta lainnya adalah BYD, Isuzu, Lucid, MG Motor, Microlino dan Pininfarina.

Jadi kalau ada yang kebetulan jalan-jalan ke Eropa dan ingin melihat model terbaru Mercedes-Benz, BMW, Lamborghini, Ferrari, Mini di pameran ini, lupakan saja. Proton dan Perodua tidak tersedia.

Jika diikuti, total ada 29 perusahaan yang ikut serta, namun selain 8 perusahaan yang disebutkan tadi, yang lainnya adalah perusahaan berbasis komponen dan aksesoris mobil serta tim balap.

Penurunan jumlah entri yang signifikan bukanlah hal yang mengejutkan karena adanya perubahan tren di mana produsen memilih platform lain untuk memperkenalkan produknya. Termasuk diantaranya paparan digital selain event regional yang lebih sesuai dengan target penjualan.

Mahalnya biaya juga menjadi salah satu faktor utama selain pengaruh situs media sosial yang semakin populer.

Mungkin tahun ini juga akan menjadi penentu motor show yang akan digelar di Eropa kedepannya.
Keindahan tanah bersejarah Swiss nampaknya gagal menarik partisipasi lebih banyak produsen mobil untuk ikut berpartisipasi kali ini.

Jika ini yang terjadi, peluang kita untuk mencapainya nampaknya semakin gelap.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1819 seconds (0.1#10.140)