Tips Jual Mobil Bekas Harga Tinggi

Kamis, 01 Februari 2024 - 14:24 WIB
loading...
Tips Jual Mobil Bekas Harga Tinggi
Berbagai faktor memengaruhi harga jual mobil bekas, seperti kondisi mesin. (Foto: Dokter Mobil)
A A A
JAKARTA - Menjual mobil bekas dengan harga tetap tinggi memerlukan tips khusus. Berbagai faktor memengaruhi harga jual mobil bekas, seperti kondisi mesin.

Mesin mobil terdiri dari berbagai komponen penting untuk menghasilkan tenaga. Agar dapat bekerja secara optimal, pemilik harus merawatnya secara rutin.

Tentu saja kondisi mesin yang baik akan memberikan performa, efisiensi, bahkan harga jual yang tinggi. Berikut tips jual mobil bekas harga tinggi dengan cara merawat mesin mobil dilansir dari berbagai sumber, Kamis (1/2/2024).


1. Bahan Bakar


Salah satu faktor penting yang dapat memastikan kebersihan bagian dalam mesin, yakni penggunaan bahan bakar yang tepat. Penggunaan BBM sesuai oktan dapat menjaga pembakaran lebih optimal. Untuk mobil berbahan bensin, sebaiknya menggunakan RON 92. Untuk mesin diesel, disarankan menggunakan bahan bakar berkualitas seperti Pertamina Dex, Shell Diesel, maupun BP Diesel.

Bahan bakar dengan oktan rendah dapat menyebabkan pembakaran tidak sempurna dan membuat tenaga mesin terhambat. Selain itu, dapat menghasilkan kerak yang dapat mengganggu performa mesin.

2. Filter Oli dan Bensin


Jangan lupa untuk mengganti filter oli dan bensin sesuai waktunya. Kotoran dan partikel halus yang menumpuk bisa lolos dari filter dan membuat performa mobil menurun sehingga memengaruhi kebersihan di dalam mesin.

3. Rutin Ganti Oli


Oli berperan untuk melumasi setiap komponen di dalam mesin sehingga tidak terjadi gesekan yang dapat merusak. Jika oli lama tidak diganti, maka akan menimbulkan kerak dan membuat fungsi mesin kurang optimal. Sebaiknya oli diganti paling lambat 10.000 kilometer atau enam bulan.


4. Flushing


Proses penggantian oli dengan metode khusus yang menggunakan zat aditif. Fungsi flushing akan membantu membersihkan kerak pada beberapa bagian mesin dan membuatnya lebih bersih.

5. Carbon Clean


Cara ini dilakukan untuk membersihkan kerak karbon yang menempel pada komponen dalam mesin. Carbon clean dapat membantu membersihkan area internal seperti katup hingga piston supaya kerjanya lebih optimal. Kerak karbon yang menempel dapat menyebabkan penurunan performa dan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4032 seconds (0.1#10.140)