Ferrari Siapkan Sistem Kendali Mobil yang Bisa Diubah-ubah

Minggu, 11 Februari 2024 - 06:49 WIB
loading...
Ferrari Siapkan Sistem Kendali Mobil yang Bisa Diubah-ubah
Sistem Kendali Ferrari Bisa Diubah. FOTO/ DAILY
A A A
MILAN - Paten baru Ferrari sangat cerdas dan mungkin membuat banyak orang mengira itu hanyalah simulator balap.

BACA JUGA - Ferrari Berusia 50 Tahun Dipamerkan di Ajang Ferrari Classiche Jakarta

Tapi percayalah itu akan menjadi kenyataan dimana pengemudi bisa mengubah sistem kendali mobil dan kursi sesuai keinginannya.

Seperti dilansir dari Autopro, mau penggerak kanan (RHD), penggerak kiri (LHD) atau ingin posisi tengah seperti mesin balap. Semuanya bisa diatur.

Ini mungkin akan menjadi model tur besar terhebat dan memungkinkan Anda melakukan perjalanan melintasi negara dengan jaringan jalan berbeda tanpa masalah. Jika Anda tiba-tiba merasa ingin balapan, ganti baju dan duduklah di tengah. Namun kami menyarankan Anda untuk mengemudi sesuai dengan hukum dan menetapkan aturan kecepatan.

Tentu saja fungsi ini tidak mungkin dilakukan jika sistem kendalinya menggunakan konektor atau kabel seperti biasanya.

Agar sistem ini dapat beroperasi secara penuh semua sistem kendali harus dikendalikan oleh komputer. Misalnya, kendaraan seperti Cybertruck dengan steer-by-wire, brake-by-wire, dan bahkan kopling dikendalikan oleh-wire.

Paten terbaru Ferrari juga bisa digunakan untuk kendaraan dengan tiga pedal, namun tidak dijelaskan bagaimana bisa digunakan untuk mobil bertransmisi manual. Mungkinkah kenop persnelingnya ditaruh di samping dashboard seperti halnya setir mobil?

Pada dasarnya setir dan kotak pedal akan digerakkan bersamaan dengan jok pengemudi dan tentunya melibatkan pengkabelan sistem kendali.

Memang ada sistem wire-free yang mungkin suatu saat akan menjadi kenyataan namun untuk saat ini menurut Ferrari bisa menggunakan rantai pendukung kabel.

Semuanya akan bergerak secara bersamaan sesuai posisi yang dipilih dan baru kemudian dapat diatur sesuai kebutuhan.

Melihat paten tersebut, tim R&D Ferrari mencoba memproduksi model Transformers mereka sendiri. Bukan mobil yang berubah menjadi robot melainkan mobil jalanan yang berubah menjadi mesin balap hanya dengan satu sentuhan tombol.

Selama Anda tidak memiliki sistem kontrol aneh yang perlu dipilih dari menu yang muncul di tampilan layar.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1395 seconds (0.1#10.140)