5 Kelebihan dan Kekurangan Datsun GO, Ketahui Sebelum Membeli

Senin, 19 Februari 2024 - 17:00 WIB
loading...
5 Kelebihan dan Kekurangan Datsun GO, Ketahui Sebelum Membeli
Datsun GO menjadi mobil seken yang paling terjangkau yang menarik untuk dimilik. Foto: Wikipedia
A A A
JAKARTA - Datsun GO kini jadi mobil Low-Cost Green Car (LCGC) yang cukup diminati di Indonesia. Harganya yang murah membuat calon pembeli tertarik untuk membawa pulang mobil ini.

Namun, terlepas dari harganya yang murah, para calon pembeli juga harus memperhatikan keunggulan dan kelemahan apa saja yang dimiliki Datsun GO ini. Supaya ketika sudah membeli tidak menyesal.

5 Kelebihan Datsun GO

1. Harga Murah

Harga yang terjangkau menjadi keunggulan mutlak Datsun GO, untuk saat ini harga bekasnya berada di kisaran Rp50 hingga Rp75 juta saja untuk produk rakitan 2014 hingga 2015.

Namun jika beruntung, bisa saja mendapatkan unit produksi 2016 dengan harga tidak lebih dari Rp70 jutaan. Harga Datsun yang jatuh ini salah satunya disebabkan karena Datsun Indonesia berhenti beroperasi di Tanah Air.

2. Mesin Mumpuni

Mesin Datsun GO dibekali dengan mesin yang serupa dengan Nissan March, bertenaga 68 Ps atau sekitar 66,5 Hp pada 5.000 rpm dan semburan torsi sebesar 104 Nm di 4.000 rpm.

3. Perawatan Murah

Dalam pantauan di berbagai toko suku cadang online, spare part Datsun GO ini masih terbilang murah. Misalnya karet pelipit kaca satu set hanya dijual Rp250 ribu hingga Rp300 ribuan. Thermostat dijual seharga Rp 80 ribuan.

4. Irit Bahan Bakar

Selain irit biaya perawatan, mobil LCGC ini juga irit bahan bakar dengan konsumsi rata-rata berada di angka 1:17 – 20 km/liter untuk dalam kota.

5. Cukup Untuk jadi Mobil Keluarga

Jika ingin mencari mobil keluarga yang tidak terlalu besar, maka Datsun GO ini bisa jadi jawaban tepat. Mengingat mobil ini merupakan pionir di kelasnya yang mengusung konsep LCGC 7-seaters.

5 Kekurangan Datsun GO

1. Bagasi Kecil

Bagasi yang kecil jadi kekurangan Datsun GO, karena sebagai mobil keluarga akan sulit untuk menyimpan banyak barang di bagasi yang sempit ini.

2. Kabin Sempit

Wheelbase Datsun GO rupanya tidak banyak membantu kelegaan kabinnya. Baik kabin bagian depan, tengah, hingga belakang semuanya akan terasa sempit.

3. Headrest Mati

Datsun GO memiliki sandaran kepala yang bersifat tetap dan tak dapat diatur sama sekali ketinggiannya. Bagi pengemudi berpostur di bawah 165 cm mungkin ini tak akan jadi masalah, namun driver dengan tinggi badan diatas 165 mm .

4. Tampilan Sederhana

Jika menginginkan mobil yang punya tampilan modern maka Datsun GO ini bukanlah menjadi pilihan utama. Baik bagian eksterior maupun interior mobil ini sangatlah sederhana sehingga terkesan murahan.


5. Vibrasi Mesin Mengganggu

Karakter khas mesin 3-silinder segaris adalah punya torsi besar di putaran mesin rendah serta vibrasi alias getaran yang begitu terasa hingga ke kabin, tak pelak ini menjadi kelemahan mesin berjumlah piston ganjil tersebut.

Itulah lima kelebihan dan kelemahan Datsun GO yang perlu diketahui oleh para calon konsumen yang tertarik untuk membeli mobilLCGCsatuini.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1477 seconds (0.1#10.140)