Harga Jimny 5 Pintu Digoreng, Suzuki Lakukan 2 Langkah Ini

Selasa, 20 Februari 2024 - 19:32 WIB
loading...
Harga Jimny 5 Pintu Digoreng, Suzuki Lakukan 2 Langkah Ini
Harga Jimny 5 pintu menjadi salah satu mobil yang paling mencuri perhatian di IIMS 2024. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Suzuki Jimny 5 pintu jadi perbincangan hangat di ajang Indonesia International Motor Show atau IIMS 2024. Karena harga yang diberikan oleh pramuniaga di IIMS 2024 lebih mahal dibandingkan dengan harga resmi yang dirilis oleh Suzuki.

Seharusnya, SUV 4x4 mungil tersebut ditawarkan dengan harga mulai Rp462.000.000 Rp478.000.000 dengan status on the road Jakarta.

Meski demikian, sejumlah tenaga penjual Suzuki di IIMS 2024 tidak menjadikan harga tersebut sebagai acuan. Alih-alih memator harga kendaraan lebih mahal hingga Rp50 juta jika konsumen ingin segera mendapatkan mobil tersebut di garasi mereka.

Gara-gara hal tersebut, Suzuki Jimny 5 pintu jadi pembicaraan di media sosial, dimana warganet menyoroti “upping harga” atau “gorengan harga” yang dilakukan tenaga penjual Suzuki.

Klarifikasi, Suzuki Berpatokan Pada Harga Resmi
Harga Jimny 5 Pintu Digoreng, Suzuki Lakukan 2 Langkah Ini

4W Director Marketing PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel bergerak cepat untuk memberikan klarifikasi soal temuan masalah tenaga penjual di IIMS 2024.

“Kami dari Suzuki Indonesia meminta maaf jika seandainya beberapa hari terakhir membuat kegaduhan. Terutama terkait adanya perbedaan persepsi harga dari Jimny 5 pintu yang baru saja kami luncurkan," ungkap Harold.

Dia mengatakan, angka yang diumumkan saat peluncuran Suzuki Jimny 5 merupakan harga rekomendasi.

“Sebab, dalam konselasi industri otomotif ada aturan UU no 5 tahun 99 terkait praktik monopoli lingkup usaha. Karena itu kami memberikan rekomendasi
harga (suggested price) untuk Jimny 5 pintu," sambung dia sembari menyebut angka Rp462.000.000-Rp478.600.000.

Karena itu, pihak Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengaku sudah melakukan dua langkah. Langkah pertama, adalah memasang harga resmi Jimny 5 pintu di layar LED di display booth Suzuki di IIMS 2024.

Kedua, Harold meminta konsumen melaporkan oknum sales yang menaikkan harga secara berlebihan.

“Kalau ada praktik membuat terjadinya perbedaan antara harga ritel yang direkomendasikan bisa diinformasikan ke kami lewat Hallo Suzuki untuk ditindaklanjuti,” beber Harold.

Kesenjangan Suplai
Harga Jimny 5 Pintu Digoreng, Suzuki Lakukan 2 Langkah Ini

Harga “gorengan” di industri otomotif ini sebenarnya bukan fenomena baru. Hal ini biasa terjadi ketika permintaan terhadap sebuah produk mobil lebih besar dibandingkan ketersediaan atau supply yang ada.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)