Kecanggihan Aurus Senat Rusia yang Dihadiahi ke Kim Jong-un Melebihi Rolls-Royce

Kamis, 22 Februari 2024 - 08:15 WIB
loading...
Kecanggihan Aurus Senat Rusia yang Dihadiahi ke Kim Jong-un Melebihi Rolls-Royce
Aurus Senat sedan mewah buatan Rusia. FOTO/ DRIVE CAR
A A A
MOSCOW - Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiahkan sedan ukuran penuh Aurus Senat buatan negaranya kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, CBS News melaporkan.



Surat kabar resmi Pyongyang, Kantor Berita Pusat Korea, melaporkan bahwa Kim dihadiahkan sebuah mobil buatan Rusia untuk penggunaan pribadi oleh presiden Rusia sendiri.

Seperti dilansir dari CBS News, Kamis (22/2/2024), Kim Jong-un diajak menaiki mobil mewah tersebut saat berkunjung ke Rusia pada September lalu.

Adik perempuan Kim Jong-un, Kim Yo Kong menjelaskan, “hadiah tersebut melambangkan hubungan istimewa antara pemimpin tertinggi kedua negara.”

Sementara itu, Menlu Korea Selatan mengklaim pemberian tersebut melanggar undang-undang sanksi yang dijatuhkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terhadap Korea Utara yang melarang penyediaan beberapa kategori kendaraan termasuk mobil mewah.

Aurus Senat menjadi jawaban Rusia terhadap mobil mewah Rolls-Royce dengan menghadirkan tampilan eksterior serupa.

Ditenagai mesin hybrid V8 4.4 liter twin-turbo bertenaga 590 hp dan torsi 880 Nm yang dikawinkan dengan transmisi otomatis sembilan percepatan.

Selain Aurus Senat, ada juga persembahan SUV mirip Rolls-Royce Cullinan, Aurus Komendant dengan mesin dan transmisi yang sama dengan model sedan Senat.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5195 seconds (0.1#10.140)