Permintaan Omoda E5 Terlalu Tinggi, Chery Korbankan Produksi Tiggo 5X

Senin, 26 Februari 2024 - 12:58 WIB
loading...
Permintaan Omoda E5 Terlalu Tinggi, Chery Korbankan Produksi Tiggo 5X
Chery Tiggo 5X dipamerkan namun hanya jadi penggembira di ajang IIMS 2024. Foto: Sindonews/Muhamad Fadli Ramadan
A A A
JAKARTA - Selain pamer Chery Omoda E5, PT Chery Sales Indonesia (CSI) sebenarnya juga merilis Tiggo 5X untuk melengkapi jajaran model SUV mereka di Indonesia. Meski sudah dapat bisa dipesan, Tiggo 5X yang sekelas dengan Honda WR-V, Toyota Raize, dan Daihatsu Rocky itu masih ditahan penjualan dan pengirimannya. Kenapa?

Di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Chery resmi meluncurkan Tiggo 5X dengan harga spesial. SUV kompak ini dibanderol Rp249 juta untuk varian Classic dan Rp279 juta untuk varian Champion dengan status OTR Jakarta.

Meski harga resmi sudah diumumkan, tapi itu hanya untuk tahap pemesanan atau pre booking. Produsen asal China itu belum bisa mengungkapkan sampai kapan hal tersebut akan berlangsung.

General Manager Marketing Rifkie Setiawan mengatakan, pihaknya sebenarnya sudah memproduksi Tiggo 5X di Indonesia. Peluncuran di IIMS 2024 untuk memperlihatkan kepada konsumen bahwa Chery memiliki opsi tersebut.

Permintaan Omoda E5 Terlalu Tinggi, Chery Korbankan Produksi Tiggo 5X

“Sebenarnya, saat ini kami masih fokus pada Omoda E5. Lini produksi untuk model lain kami hentikan hanya untuk memproduksi Omoda E5 demi memenuhi permintaan. Setelah tercapai, kami akan mulai produksi Tiggo 5X,” kata Rifkie kepada wartawan, di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, dalam 10 hari pameran IIMS 2024, Chery membukukan 600 SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) hanya untuk Omoda E5. Sehingga total, mobil listrik tersebut sudah terpesan sebanyak 1.800 unit.

Pemesanan yang membludak membuat Chery memutuskan untuk mengorbankan lini produksi model lainnya. Namun, Rifkie menjelaskan kepada konsumen yang tertarik dengan Tiggo 5X bahwa unit tersebut inden hingga waktu yang belum ditentukan.



“Sejak kita resmi perkenalkan itu sudah ada 20 pemesanan yang masuk. Kita sudah informasi ke konsumen kalau unit ini inden. Tapi kita juga berusaha untuk memperluas lini produksi di fasilitas kita,” ujarnya.

Sekadar informasi, saat ini Chery menggunakan fasilitas pabrik milik PT Handal Motor Indonesia (HMI) untuk melakukan perakitan seluruh model.
Fasilitas tersebut dapat memproduksi 600 unit setiap bulannya, dan akan coba ditingkatkan dengan melakukan investasilebihbesar.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7933 seconds (0.1#10.140)