Mengenal Teknologi e-Platform 3.0 dan 8-in-1 Powertrain Milik BYD

Selasa, 12 Maret 2024 - 18:57 WIB
loading...
Mengenal Teknologi e-Platform 3.0 dan 8-in-1 Powertrain Milik BYD
E-platform 3.0 memungkinkan blade battery dipasang menempel bodi, sehingga bisa memantau suhu dan menjaga kekuatan bodi. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Mengawali bisnis sejak 1995 sebagai perusahaan baterai, Build Your Dreams atau BYD punya teknologi yang terbilang canggih di mobil listrik.

Salah satunya, e-platform 3.0 dan 8-in-1 powertrain yang ditanam di ketiga kendaraan listrik yang sudah diluncurkan di Indonesia, yakni BYD Dolphin, BYD Atto 3, dan BYD Seal.

Chief Advisor BYD Japan Tatsuya Mikami menyebut bahwa teknologi 8-in-1 powertrain dan e-platform ini mewakili pencapaian luar biasa dalam dunia otomotif. Nah, apa saja kelebihannya?

Kelebihan Teknologi e-platform 3.0
Mengenal Teknologi e-Platform 3.0 dan 8-in-1 Powertrain Milik BYD

Huruf “E” di depan kata platform menunjukkan koneksi elektrik. Sementara angka 3.0 di belakangnya karena terintegrasi dengan blade battery. Ada 4 keunggulan utama e-platform 3.0. Pertama, soal keamanan. Desain bodi kokoh dengan baterai terintegrasi, meningkatkan kekuatan dan stabilitas.

Keamanan e-platform 3.0 juga ditunjang dengan estetika bodi mobil yang lebih rendah dan basis roda lebih panjang.

Kedua, efisiensi. Sistem tenaga listrik 8-in-1 pertama di dunia dengan klaim efisiensi 89%, meringankan bobot dan meningkatkan performa.

Ketiga kenyamanan, sistem terintegrasi memberikan pengalaman berkendara mulus dan responsif. Desain lantai yang datar meningkatkan stabilitas. e-platform juga mampu mengatur suhu baterai dengan efektif bahkan dalam kondisi cuaca ekstrem. Sehingga bisa memperpanjang jangkauan kendaraan

Terakhir adalah estetika. Desain aerodinamis dan ruang kabin yang luas. Dalam merancang e-platform 3.0, BYD mengintegrasikan motor, gearbox, inverter, konverter DC/DC, dan komponen penting lainnya ke dalam satu unit, memberikan keuntungan berupa penghematan ruang di bodi mobil.

Pendekatan ini tidak hanya mengurangi berat kendaraan dan meningkatkan efisiensi, juga memaksimalkan ruang kabin.

Teknologi 8-in-1 powertrain
Mengenal Teknologi e-Platform 3.0 dan 8-in-1 Powertrain Milik BYD

Teknologi 8-in-1 powertrain BYD mencakup BMS, VCU (Vehicle Control Unit), inverter, PDU (Power distribution unit), OBC (On Board Charger) yang digabung menjadi satu unit, dan gearbox/e-motor dalam unit lain. Pemisahan komponen dilakukan pada semua perangkat kecuali gearbox dan e-motor.

Integrasi di 8-in-1 powertrain BYD memberi efisiensi sistem sebesar 89%, mencakup fungsi mengemudi dan pengereman, dengan pengendali domain powertrain canggih untuk respon cepat dan pemanfaatan penuh motor listrik.

Ada dua keuntungan 8-in-1 powertrain, mulai ukuran efisien dengan ruang yang lega sebagai rumah dari komponen-komponen, dan dari segi biaya.
Karena BYD membuat semua komponen secara in-house, harga produksi dapat lebih terjangkau dan akan menguntungkan costumer.


Sistem Manajemen Thermal

E-platform 3.0 memiliki dua sistem manajemen thermal, yakni mengatur suhu kabin dan baterai. Pada kendaraan konvensional, sistem manajemen thermal adalah mekanisme yang mengatur suhu di ruangan.

Kendaraan BYD dilengkapi sistem pengaturan udara yang tidak hanya mengatur suhu di dalam ruangan, tetapi juga mengatur suhu baterai. Sistem pengendalian suhu berfungsi tidak hanya saat mobil dinyalakan, tetapi juga saat sedang pengisian daya cepat.

Sehingga memberi kinerja pengisian stabil dan stabilitas jangkauan. Proses pendinginan baterai tersebut tidak menggunakan air, tetapi menggunakan air conditionerataugas.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1943 seconds (0.1#10.140)