Samsung Siap Produksi Baterai Mobil Listrik pada 2027

Senin, 18 Maret 2024 - 13:46 WIB
loading...
Samsung Siap Produksi Baterai Mobil Listrik pada 2027
Samsung Siap Produksi Baterai Mobil Listrik. FOTO/ CNET
A A A
SEOUL - Samsung telah mengumumkan akan memulai produksi massal baterai solid state pada tahun 2027, dan bagian-bagian yang dikembangkannya akan memiliki kepadatan energi sebesar 900 watt-jam per liter (Wh/L), angka yang sama dengan baterai lithium-ion.



Baterai solid state juga lebih tangguh dibandingkan baterai lithium-ion, yang menjadi kurang efisien seiring berjalannya waktu dan juga dapat terbakar bahkan setelah mengalami kerusakan ringan.

Samsung juga menggembar-gemborkan baterai dengan masa pakai 20 tahun dan kemampuan mengisi daya hingga kapasitas 80 persen dalam sembilan menit.

Sekali lagi, spesifikasi tersebut membuat baterai lithium-ion terlihat datar. Jika Samsung dapat memproduksi powerpack solid-state dalam jumlah yang cukup, hal ini dapat memberikan kejutan pada pasar kendaraan listrik dengan meningkatkan jangkauannya.

Sayangnya, Samsung tidak memberikan spesifikasi rinci tentang apa yang akan dikirimkannya pada tahun 2027, hanya mengatakan bahwa outputnya akan bervariasi berdasarkan permintaan.

Produsen mobil harus berhati-hati sebelum mengadopsi teknologi baru, sehingga baterai ini kemungkinan tidak akan muncul pada model kendaraan tahun 2027.

Namun, Toyota memiliki rencana yang lebih cepat untuk baterai kendaraan listrik.

Raksasa Jepang pada hari Selasa mengumumkan bahwa mereka akan mengambil alih usaha patungan baterai listrik selama 28 tahun dengan Panasonic.

Untuk jumlah yang tidak diungkapkan, Primearth EV Energy (PEVE) akan menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki Toyota mulai akhir Maret dalam upaya untuk "memperkuat kemampuannya dalam memproduksi baterai otomotif secara massal," menurut produsen mobil Jepang tersebut.

PEVE memproduksi massal paket baterai nikel-logam hidrida (Ni-MH) prismatik dan lithium-ion (Li-ion) untuk kendaraan listrik hibrida (HEV), termasuk Toyota Prius.

Rencana saat ini sedang berjalan bagi perusahaan untuk juga menangani kendaraan listrik baterai (BEV) dan kendaraan listrik hibrida plug-in (PHEV).
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)