Lengkap, Seluruh Model Mobil Toyota Akan Punya Pilihan Hybrid

Kamis, 21 Maret 2024 - 09:00 WIB
loading...
Lengkap, Seluruh Model Mobil Toyota Akan Punya Pilihan Hybrid
All-New Yaris Cross menjadi kendaraan elektrifikasi Toyota kedua yang diproduksi lokal setelah Innova Zenix. (Foto: TAM)
A A A
JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) serius menghadirkan mobil-mobil hybrid yang ramah lingkungan. Bahkan, seluruh lini model yang dipasarkan saat ini akan memiliki pilihan hybrid.

Saat ini Toyota sudah menghadirkan varian hybrid pada model Innova Zenix, Yaris Cross, Camry, Alphard, Corolla Altis, dan Corolla Cross.

Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Nandi Julyanto mengungkapkan rencana itu ditujukan agar seluruh kalangan konsumen bisa ikut berkontribusi dalam pengurangan emisi.

“Kita terus berusaha membuat semua model ada hybrid-nya, mulai dari yang premium dulu kemudian ke yang Innova misalnya, Yaris Cross. Kita selalu upayakan terus secepat mungkin semua model bisa punya hybrid, harapannya,” kata Nandi di Jakarta Pusat.



Sekadar informasi, PT TMMIN berencana menambah investasinya untuk memperluas fasilitas pabrik sebesar Rp27,1 triliun hingga 2026. Investasi tersebut juga ditujukan untuk pengembangan produk baru di segmen B.

Vice President PT TAM Henry Tanoto mengatakan penjualan mobil hybrid Toyota mulai alami peningkatan. Bahkan, kontribusinya bisa mencapai 12-13 persen dari total penjualan saat ini.

“Januari-Februari kalau kita lihat dari Toyota ada peningkatan 63 persen untuk hybrid di banding tahun lalu. Komposisi hybrid sekarang mencapai 12-13 persen dari total penjualan Toyota,” tuturnya dalam kesempatan yang sama.



Namun, hingga saat ini mobil hybrid belum mampu menggaet pasar pembeli pertama karena hanya tersedia dalam varian tertinggi. Di mana harganya berada di atas Rp400 jutaan yang membuat first buyer berpikir ulang dalam memilikinya.

“Kalau saat ini (first buyer) ada, Kijang Innova Zenix Hybrid mungkin tidak terlalu banyak. Tapi Yaris Cross Hybrid sudah meningkat. Tapi memang masih baru beberapa bulan, nanti kita lihat lagi tren-nya,” kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM.

Diungkapkan Anton, pembeli pertama lebih memilih Avanza yang jumlahnya mencapai 50 persen. Sementara yang memilih Yaris Cross Hybrid berada di angka 20-30 persen.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2758 seconds (0.1#10.140)