10 Barang yang Wajib Ada di Mobil Saat Mudik ke Kampung Halaman

Sabtu, 06 April 2024 - 22:26 WIB
loading...
10 Barang yang Wajib Ada di Mobil Saat Mudik ke Kampung Halaman
Ada beberapa barang penting yang wajib dibawa pemudik di mobil sebelum berangkat ke kampung halaman mereka. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Biasanya mudik Lebaran 2024 selalu identik dengan perjalanan jauh, oleh karena itu diperlukan banyak persiapan sebelum berangkat. Demi kelancaran saat diperjalanan, apalagi jika mudik menggunakan mobil pribadi.

Lantas apa saja barang yang wajib ada di mobil saat mudik? Simak ulasannya berikut ini, berdasarkan cuitan akun X @innovacommunity.

1. Toolkit plus-plus dan dongkrak

Barang pertama yang harus ada di mobil yaitu peralatan perkakas atau toolkit yang biasanya berisi, obeng, tang, kunci inggris, kunci pas, selotip, lem besi, lakban dan dongkrak, khawatir saat di tengah perjalanan mobil mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Senter LED Magnetic

Kegunaan senter Led magnetic bukan hanya berguna untuk penerangan saja. Melainkan bisa digunakan sebagai penanda saat darurat berhenti di bahu jalan. Caranya bisa ditempel di body mobil.

3. Pompa Angin Portable

Saat perjalanan panjang, pompa angin portabel juga tak kalah penting. Ketika kondisi darurat ban mobil kurang angin tak perlu panik mencari rest area untuk mengisi angin mobil.

4. Kotak P3K

Yang tidak boleh ketinggalan saat mudik yaitu kotak P3K.

5. APAR (Alat Pemadam Api Ringan)

Barang yang wajib ada selanjutnya adalah APAR. Pilih yang ukurannya 1kg saja. Usahakan seminggu sekali posisi nya dibolak balik, agar isinya tidak menggumpal. APAR ini kadaluarsa 3-5thn tergantung isinya.

6. Power bank multifungsi

Selain bisa untuk men-charge gawai, bisa juga digunakan untuk jumper mobil.

7. Kabel jumper dan sling derek

Kabel jumper ini tak lelah penting terutama untuk mobil matic. Kalau AKI habis, tidak bisa didorong mobilnya. Oleh karena itu minimal tersedia kabel jumper.

8. Sekring cadangan

Barang kecil ini juga tidak boleh ketinggalan, sebab jika ada yang putus bisa menggangu perjalanan mudik Anda.

9. Tambal Cacing

Disarankan untuk selalu sedia tambah cacing atau cairan tambal ban. Ini bisa jadi solusi ketika mengalami kebocoran dan rest area masih jauh.


10. Part cadangan

Untuk pemakai diesel, wajib selalu sedia filter solar cadangan, pas musim mudik seperti kadang kualitas solar tidak terlalu bagus, apalagi biosolar. Selain itu perhatikan juga bagian lampu-lampu. Headlamp, lampu sein dan lampu mundur.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2525 seconds (0.1#10.140)