Nissan Pastikan GT-R dan Z Terbaru Siap Masuk Dapur Produksi

Selasa, 09 April 2024 - 16:21 WIB
loading...
Nissan Pastikan GT-R dan Z Terbaru Siap Masuk Dapur Produksi
Nissan GT-R. FOTO/ CARSCOOPS
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden Senior & Kepala Perencanaan Nissan Amerika Utara, Ponz Pandikuthira memastikan model GT-R dan Z akan tetap diproduksi. Pengumuman ini disampaikan bersamaan dengan New York Autoshow yang berlangsung sekarang.



Seperti dilansir dari Carscoops, Selasa (9/10/2024), terlebih lagi, Nissan GT-R R35 telah menginjak usia 16 tahun dan model ini diakhiri dengan edisi khusus.

Memproduksi Nissan GT-R baru bukanlah tugas yang mudah meski akan diproduksi dalam varian full electric dengan performa yang menyamai atau mampu lolos uji balapan.

Tak bisa hanya dikendarai keliling Nurburgring satu lap, diisi ulang dan didinginkan, Nissan GT-R harus bisa melaju lebih jauh dan kencang menurut Pandikuthira. Maka tim pengembangan dan teknik Nissan memutuskan untuk meningkatkan teknologi baterai dan motor listrik

Salah satu cara terbaiknya adalah dengan menguji kemampuan motor, baterai, dan seluruh sistem pendukungnya dalam balapan Formula E. Seperti halnya EV lainnya, baterai sangatlah berat dan bobot adalah musuh dari sebuah mobil sport.

Selain hal di atas, aspek lain yang dikonfirmasi oleh CEO Nissan Makoto Uchida adalah Nissan GT-R akan menggunakan platform yang benar-benar baru. Faktanya, kehadiran model konsep Hyper Force di Tokyo Autoshow 2023 menegaskan pernyataan CEO Nissan meski tidak ada logo GT-R yang disematkan pada model konsep tersebut.

Sama seperti model sebelumnya, Nissan GT-R generasi terbaru ini mampu menampung 4 penumpang sekaligus, nyaman dikendarai di jalan raya, dan dibawa untuk balapan di alam liar. Istilah Godzilla akan diterjemahkan dengan desain yang garang, bengis, dan menakutkan.

Model terbaru R36 GT-R diproduksi dalam beberapa model konsep di studio desain Nissan dengan tetap mempertahankan desain lampu belakang dengan bentuk 4 bulat yang lebih modern. Model Nissan Z yang diluncurkan pada tahun 2021 akan terus diperbarui dengan powertrain yang lebih ramah lingkungan, sebelum diganti dengan platform yang lebih baru.

Bahkan kelahiran kembali model Nissan 400 Z merupakan salah satu keajaiban di dunia otomotif, karena Nissan berencana menghentikan model Z setelah model 370 Z. Model 400 Z diproduksi secara sukarela oleh sekelompok insinyur Nissan yang terobsesi dengan Z. model.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1012 seconds (0.1#10.140)