Diangap Terlalu Mahal, Warga Australia Ogah Beli Mobil Listrik

Kamis, 11 April 2024 - 22:43 WIB
loading...
Diangap Terlalu Mahal, Warga Australia Ogah Beli Mobil Listrik
Warga Australia Ogah Beli Mobil Listrik. FOTO/ CARSCOOPS
A A A
SIDNEY - Laporan terbaru dari Australia menunjukkan meskipun penjualan EV di Australia akan meningkat lagi pada kuartal pertama tahun 2024, masih banyak yang merasa kendaraan tanpa emisi terlalu mahal dan infrastruktur pengisian daya masih kurang.

BACA JUGA - Mobil Listrik Baru Renault Terinspirasi Mobil Klasik

Menurut laporan Asosiasi Dealer Otomotif Australia (AADA), jika negara tersebut ingin meningkatkan penjualan kendaraan listrik, persepsi pembeli lokal di sana perlu diubah.

Namun statistik penjualan menunjukkan bahwa penjualan EV sebenarnya akan meningkat pada kuartal pertama tahun 2024.

Seperti dilansir dari Car Expert Australia, angka tersebut naik menjadi 46,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu dan 8,3 persen penjualan kendaraan baru dalam empat bulan tersebut terdiri dari kendaraan listrik.

Survei Kendaraan Listrik dan Hibrida Zing Insight yang melibatkan 2.000 pengemudi Australia mengenai kendaraan yang mereka kendarai saat ini dan kendaraan yang akan mereka beli menunjukkan bahwa 57 persen menganggap kendaraan listrik terlalu mahal.

Mereka juga hanya mau membayar hingga delapan persen lebih mahal untuk sebuah kendaraan listrik dibandingkan harga kendaraan bermesin bensin.

Sebanyak 50 persen responden mengatakan kurangnya stasiun pengisian daya dan infrastruktur kendaraan listrik menjadi alasan utama mereka belum mau membeli kendaraan bergenre tersebut.

Sekitar 44 persen khawatir rumah mereka tidak memiliki pengisi daya yang diperlukan untuk kendaraan listrik, sementara 17 persen menyebutkan harga jual kembali yang rendah sebagai alasan untuk tidak membeli kendaraan listrik.

Namun, 67 persen dari mereka yang terlibat dalam penelitian tersebut menyatakan tertarik dengan kendaraan listrik karena tidak menimbulkan asap dan baik bagi lingkungan.

Biaya pengoperasian yang lebih rendah adalah alasan paling populer dan semakin menjadi alasan utama mengapa mereka menyukai kendaraan listrik.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3114 seconds (0.1#10.140)