Produksi Mobil Listrik, Honda Bakal Gelontorkan Dana Rp178,6 Triliun

Sabtu, 27 April 2024 - 17:10 WIB
loading...
Produksi Mobil Listrik, Honda Bakal Gelontorkan Dana Rp178,6 Triliun
Honda mengumumkan bakal menggelontorkan dana Rp178,6 triliun untuk memproduksi mobil listrik. (Foto: Carscoop)
A A A
JAKARTA - Honda terus berinvestasi untuk mengembangkan teknologi terbaru agar terus bersaing dengan brand lainnya. Salah satu langkah yang dilakukan adalah menggelontorkan dana besar untuk mengembangkan fasilitas kendaraan listrik di Amerika Utara.

Melansir Carscoops, Sabtu (27/4/2024), baru-baru ini Honda mengumumkan bakal menggelontorkan dana sebesar USD11 miliar atau Rp178,6 triliun untuk memproduksi mobil listrik di Ontario.

Produsen asal Jepang itu akan membangun pabrik kendaraan listrik dan pabrik baterai di dekat fasilitas pabrik yang ada di Alliston, Ontario. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi 240.000 unit mobil listrik per tahun, yang dimulai pada 2028.

Selain itu, Honda juga berencana membangun pabrik pengolahan bahan aktif katoda dan prekursor serta pabrik pemisah di dekatnya. Fasilitas ini akan didirikan dengan bantuan mitra usaha patungan POSCO Future M Co., Ltd. dan Asahi Kasei.

Honda masih dalam proses negosiasi dengan kolaboratornya, dan akan mengumumkan rincian lebih lanjut terkait fasilitas tersebut, seperti lokasinya, dalam enam bulan mendatang.



Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyebut langkah Honda sebagai investasi otomotif terbesar dalam sejarah Kanada. Pemerintah federal mengatakan bahwa kesepakatan itu akan mengarah pada rantai pasokan kendaraan listrik komprehensif pertama di Kanada.

Pabrik mobil listrik Honda di Kanada akan didukung oleh Ohio EV Hub, yang akan mulai memproduksi kendaraan listrik pada 2025. Di sana, Honda menginvestasikan USD700 juta untuk memperlengkapi kembali pabrik yang ada. Diperkirakan akan menghabiskan USD4,4 miliar lagi untuk membangun pabrik baterai di dekatnya.

Kedua investasi tersebut merupakan bagian dari rencana jangka panjang Honda. Produsen mobil tersebut menargetkan kendaraan listrik dan kendaraan listrik sel bahan bakar hidrogen dapat menyumbang 100 persen penjualannya pada 2040.



Sementara pada 2050, Honda memasang target untuk menjadikan seluruh aktivitas bisnisnya di seluruh dunia menjadi netral karbon. Ini juga berbarengan dengan rencana menjual kendaraan listrik sepenuhnya pada tahun yang sama.

“Menyusul inisiatif untuk membangun kemampuan sistem produksi kendaraan listrik kami di AS, kami sekarang akan memulai diskusi formal menuju pembentukan rantai nilai kendaraan listrik yang komprehensif di Kanada, dengan dukungan dari pemerintah Kanada dan Ontario,” kata Toshihiro Mibe, CEO Honda dikutip dari Carscoops.

“Kami akan memperkuat sistem pasokan dan kemampuan kendaraan listrik kami dengan tujuan untuk meningkatkan permintaan kendaraan listrik di Amerika Utara di masa depan,” katanya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3372 seconds (0.1#10.140)