Antisipasi Kecelakaan Akibat Rem Blong, Sopir Bus Harus Tahu Ini!

Minggu, 12 Mei 2024 - 09:00 WIB
loading...
Antisipasi Kecelakaan Akibat Rem Blong, Sopir Bus Harus Tahu Ini!
Antisipasi Kecelakaan Akibat Rem Blong. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
SUBANG - Kecelakaan bus pariwisata Trans Putra Fajar menabrak minibus dan tiga sepeda motor sebelum terguling di Jalan Ciater, Kampung Palasari, Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat, Sabtu (11/5/2024) malam hingga masih dalam penyidikan.



Namun jika diurut kebelakang, Kecelakaan yang melibatkan truk dan bus kerap didominasi oleh gagal bekerjanya sistem pengereman atau rem blong. Sistem pengereman yang tidak bekerja ternyata menurut investigator senior Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT ) terjadi karena tiga hal.

Adanya proses Brake Fading atau kanvas rem yang telah memudar. Hal itu menyebabkan kanvas rem menjadi licin sempurna. "Koefisien gesek menjadi 0 dan rem tidak lagi dapat bekerja," terangnya.

Berikut tiga penyebab rem truk blong seperti dilansir dari Carscoops


1. Tekor Angin

Truk memang dilengkapi dengan sistem pengereman yang terdiri dari hidraulik, AOH (air over hydraulic) dan full air brake. Dalam kondisi tekor angin ini adalah kurangnya tekanan udara pada sistem rem Air Over Hydraulic (AOH) dan full air brake sehingga mengalami masalah.

Sistem ini menganut kopling pneumatic sehingga pengoperasian pedal kopling dan pedal rem dibantu tekanan udara.

Misalnya bila sistem tekanan udara pada truk adalah tujuh bar, sehingga bila tekanan udara di bawah tujuh bar, pengemudi tidak akan bisa mengoperasikan pedal kopling dan pedal rem.

2. Vapour Lock

Kondisi ini adalah ketika terjadi penguapan dalam fluida sistem rem hidraulik. Hal ini kerap terjadi pada truk yang mengandalkan fluida rem. Air nantinya akan terserap ke dalam sistem rem hidraulik karena sifat fluida rem yang higroskopis.

Fluida rem memiliki titik didih 250 derajat celcius tergantung DOT-nya. Ketika ada kandungan air sedikit saja, katakanlah 3%, titik didih fluida rem turun 50 derajat celsius. Saat fluida rem menjadi panas karena pengereman terus menerus, kandungan air tadi menguap dan menjadi gelembung udara dalam sistem rem. Angin palsu inilah yang dapat membuat rem blong.

3. Breake Fade

Penyebab rem blong pada truk yang terakhir ini terjadi karena kampas rem mengalami panas berlebihan sehingga saat menempel ke tromol atau menjepit cakram, yang terjadi adalah koefisien gesek nol seperti kaca.

Untuk mengatasi hal ini diperlukan rem mesin (engine brake) atau rem tambahan (pada bus dan truk) seperti rem gas buang dan retarder dan menghindari pemakaian sistem secara terus menerus.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2422 seconds (0.1#10.140)
pixels