Pecahkan Rekor! Ini Jalan Raya Terlebar di Dunia, Menyeberang Butuh 4 Menit

Sabtu, 08 Juni 2024 - 07:26 WIB
loading...
Pecahkan Rekor! Ini Jalan Raya Terlebar di Dunia, Menyeberang Butuh 4 Menit
Jalan Avenida 9 de Julio di Buenos Aires memecahkan rekor sebagai jalan raya terlebar di dunia. (Foto: Sking)
A A A
JAKARTA - Banyak jalan menuju Roma. Namun tak banyak jalan yang memiliki lebar di atas rata-rata. Faktanya jalan Avenida 9 de Julio di Buenos Aires, Argentina, memecahkan rekor sebagai jalan raya terlebar di dunia. Ukuran lebarnya sekitar 140 meter dengan total 16 jalur. Alhasil untuk menyeberangi jalan ini butuh waktu lama.

Jalan Raya Avenida 9 de Julio dibangun pada masa kejayaan ibu kota Argentina, Buenos Aires. Kota ini berjuluk Parisnya Amerika Selatan, sehingga otoritas setempat memperkuat reputasi tersebut dengan membangun infrastruktur monumental yang terinspirasi oleh Champs Elysee di Paris.

Namun, salinan sederhana tidak cukup. Mereka menginginkan sesuatu yang lebih besar dan lebih mengesankan. Proyek kolosal ini memakan waktu hampir setengah abad untuk diselesaikan, tetapi pada tahun 1980, Avenida 9 de Julio akhirnya selesai.

Dilansir dari Oddity Central, Sabtu (8/6/2024) menciptakan jalan raya semacam ini di pusat kota merupakan tantangan besar yang mengakibatkan penghancuran 60.000 meter persegi real estat dan penggusuran ribuan penduduk hanya untuk menyelesaikan bagian pertamanya.



Saat ini, Avenida 9 de Julio tetap mengesankan seperti saat diresmikan pada tahun 1980, dan dua kali lebih kacau. Dengan total 16 jalur dari satu sisi ke sisi lainnya, serta empat jalur tambahan untuk bus transportasi umum, area pejalan kaki di tengah, dan tidak kurang dari tujuh trotoar di antara jalur mobil, dibutuhkan waktu cukup lama untuk menyeberanginya.

Seorang TikToker baru-baru ini merekam dirinya berjalan dari satu sisi Avenida 9 de Julio ke sisi lainnya, dan butuh waktu 4 menit 17 detik, meskipun dia mengklaim berjalan lebih cepat dari biasanya. Itu termasuk waktu yang dihabiskan menunggu di lampu lalu lintas. Sebagai perbandingan, rata-rata jalan raya hanya membutuhkan waktu 25 detik untuk menyeberang.



Menariknya, Avenida 9 de Julio mengklaim gelar 'jalan raya terlebar di dunia' dengan bantuan dua jalan lainnya. Di sisi timur jalan ini ada Jalan Carlos Pellegrini dan di barat ada Jalan Cerrito.

Secara praktis, keduanya berfungsi sebagai jalur tambahan untuk jalan raya ini, sehingga enam jalur gabungan mereka dihitung saat mengukur lebar Avenida 9 de Julio. Tanpa mereka, lebarnya hanya 120 meter.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5047 seconds (0.1#10.140)
pixels