Lawan Mercedes-AMG GT, Lexus Hadirkan Supercar Bermesin V8

Minggu, 23 Juni 2024 - 22:07 WIB
loading...
Lawan Mercedes-AMG GT, Lexus Hadirkan Supercar Bermesin V8
Lexus Hadirkan Supercar Bermesin V8. FOTO/ AUTOPRO
A A A
JAKARTA - Lexus kini bersiap meluncurkan supercar baru bermesin V8 sebagai rival Aston Martin Vantage dan Mercedes-AMG GT serta penerus mobil performa bertenaga V10, LFA.



Mobil konsep tangguh GT3 GR milik perusahaan induk Toyota, yang terungkap pada tahun 2022, kini telah berevolusi menjadi prototipe yang terlihat berjalan di Spa-Francorchamps, Belgia.

Kini divisi motorsport Gazoo Racing diharapkan mempersiapkannya untuk balapan kategori teratas termasuk Le Mans 24 Hours, pada tahun 2026.

Aturan homologasi FIA menetapkan bahwa setiap pembalap GT3 memiliki desain bodi dasar yang sama dengan mobil jalan raya terkait.

Seperti dilansir dari Autopro, jadi versi dasar GT3 GR diharapkan hadir di showroom dalam dua tahun ke depan.

Toyota sebelumnya mengatakan bahwa mereka akan terus "mengkomersialkan mobil motorsport daripada hanya mengadaptasi kendaraan produksi untuk digunakan dalam motorsport", seperti yang dilakukan pada hatchback GR Yaris.

GT3 GR versi jalanan kemungkinan akan memakai lencana Lexus, bukan Toyota, sesuai dengan sejarah merek mobil sport premium bermesin besar, termasuk LFA, LC 500 dan RC F.

Diperkirakan akan menggunakan mesin V8 twin-turbo dan bisa disebut LFR dan diharapkan berbagi unit tersebut namun dengan tambahan bantuan hybrid.

Belum ada spesifikasi pembalap yang dirilis, namun aturan GT3 cukup fleksibel, dengan mobil yang menghasilkan tenaga sekitar 500-600bhp dan berat tidak lebih dari 1300kg.

Aston Martin, BMW, Ferrari, Ford, Lamborghini, Lexus, McLaren, Mercedes-AMG dan Porsche semuanya saat ini menjual mobil pelanggan GT3.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1698 seconds (0.1#10.140)
pixels