6 Kendaraan Teraneh di Dunia, Ada Bus Amfibi

Kamis, 25 Juli 2024 - 18:00 WIB
loading...
6 Kendaraan Teraneh...
Turis kerap naik coco taxi kuning di Kuba. Foto/Slash Gear
A A A
JAKARTA - Sepanjang sejarah, terdapat banyak moda transportasi yang aneh dari sisi desain hingga fungsinya. Terdapat 6 kendaraan teraneh di dunia yang tercatat.

Beberapa dari kendaraan teraneh di dunia dalam kondisi begitu buruk sehingga telah lama terlupakan dalam sejarah. Sementara yang lain bertahan karena kepraktisan atau popularitasnya, dan lebih banyak lagi mungkin akan muncul di masa depan.

Kendaraan teraneh tadi keberadaannya di Amerika Serikat dan seluruh Asia. Sebagian besar aman, tetapi beberapa di antaranya berisiko tinggi.

Beberapa kendaraan dapat dikemudikan secara mandiri, tetapi banyak yang memerlukan pengemudi. Perkembangan teknologi yang pesat, memungkinkan kendaraan tadi tidak memerlukan pengemudi.

Melansir Slash Gear, Kamis (25/7/2024) dari kendaraan tradisional yang aneh hingga yang menjadi tolok ukur masa depan, berikut beberapa kendaraan teraneh di dunia yang masih dapat digunakan hari ini.


1. Amfibus

6 Kendaraan Teraneh di Dunia, Ada Bus Amfibi


Dari namanya sudah menggambarkan. Amfibus sebagai bus amfibi bisa dipakai di perairan maupun di daratan. Produsennya perusahaan Transportasi Amfibi Belanda (DAT) memiliki kreasi cerdik ini sebagai salah satu cara paling aneh untuk bepergian di air.

Bus atau bisa disebut kapal ini dapat mencapai kecepatan hingga 8 knot di sungai dan kanal serta 96,5 km/jam di darat. Amfibus sejatinya akan menggantikan Renfrew Ferry kuno di Glasgow, Skotlandia. Namun, kendala teknis muncul dan proyek tersebut ditunda. Amfibus pun lebih dikenal sebagai Floating Dutchman di negara asalnya, Belanda.

Fungsinya mengangkut wisatawan dari bandara Schiphol ke tempat-tempat wisata di Amsterdam dan populer di kalangan penumpang yang memiliki waktu transit lama. Akhirnya, bandara menghentikan tur ini karena alasan teknis, dan masa depan Amfibus terlihat suram.

Pengelola pun menjadikan Amfibus sebagai bagian wahana wisata populer di kota Rotterdam, Belanda. Kesuksesan Splashtours akhirnya menyebabkan ekspansi ke Amsterdam, Lübeck, dan Porto. Selain itu, mengarah pada pengembangan SUV amfibi yang dipesan oleh Samsung yang disebut Amphicruiser.

2. Eskalator Hong Kong


Eskalator luar ruangan terpanjang di dunia berada di Hong Kong sekaligus menjadi salah satu jenis moda transportasi teraneh di dunia. Lantaran penggunanya bisa melihat restoran, toko, dan bar saat naik di atasnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2097 seconds (0.1#10.140)