Yamaha MT-09 Bertransmisi Otomatis Resmi Diluncurkan, Ini Detailnya

Jum'at, 26 Juli 2024 - 14:57 WIB
loading...
Yamaha MT-09 Bertransmisi...
Yamaha MT-09 Bertransmisi Otomatis . FOTO/ CARSCOOPS
A A A
TOKYO - Yamaha Motor resmi meluncurkan Yamaha MT-09 bertransmisi otomatis Y-AMT (Yamaha Automated Manual Transmision) untuk pasar global.



Kemunculan model pertama dengan sistem Y-AMT sudah diharapkan berdasarkan dokumen persetujuan tipe yang telah diajukan di Jepang baru-baru ini.

Seperti dilansir dari Rideapart, pengumuman terbaru ini langsung memposisikan Yamaha sebagai salah satu pemain baru dalam memproduksi sepeda motor bertenaga tinggi dengan fungsi transmisi otomatis.

Transmisi Manual Otomatis Yamaha (Y-AMT) merupakan teknologi terbaru yang diperkenalkan Yamaha yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman berkendara lebih efisien dan mulus. Sebab, Y-AMT menghilangkan fungsi 'tuas' pada kopling.

Y-AMT menawarkan dua pengaturan, Transmisi Otomatis (AT) yang memungkinkan pengendara mengoperasikan MT-09 hanya dengan 'twist and go' (twist and go) layaknya 'skuter'. Sedangkan pengaturan Transmisi Manual (MT) memungkinkan pengendara berpindah gigi dengan menekan tombol yang tersedia di 'stang'.

Pemilihan AT dan MT bisa dilakukan melalui tombol khusus yang tersedia di sisi kanan 'stang'. Sistem AT menawarkan dua mode, D+ dan D yang mudah diakses melalui tombol MODE.

Sedangkan Yamaha MT-09 Y-AMT ini masih mempertahankan detail yang sama dengan versi manualnya, antara lain mesin CP3 tiga silinder 889cc yang menghasilkan tenaga 119hp pada 10.000rpm dan 93Nm pada 7.000rpm.

Namun, jika MT-09 versi manual menawarkan fungsi 'quickshifter' (mengganti gigi menggunakan kaki tanpa menarik kopling), varian MT-09 Y-AMT hanya menawarkan 'foot peg' untuk mengistirahatkan kaki saat pergantian gigi. Prosesnya dilakukan seluruhnya melalui tombol khusus di 'stang'.

Perlengkapan lain yang dipertahankan dari MT-09 manual termasuk garpu USD 41mm dengan monoshock yang dapat disesuaikan dan rem master silinder radial dari Brembo yang dipadukan dengan rem cakram depan kembar 298mm
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2311 seconds (0.1#10.140)