Gunung Harta Luncurkan Bus Baru, Layani Rute Malang-Bandung

Jum'at, 02 Agustus 2024 - 13:03 WIB
loading...
Gunung Harta Luncurkan...
Gunung Harta meluncurkan bus baru dengan menggunakan sasis tronton untuk rute Malang-Bandung. Foto/Adiputro
A A A
BANDUNG - Perusahaan Otobus (PO) Gunung Harta Transport Solustions (GHTS) meluncurkan bus baru dengan menggunakan sasis tronton. Menggunakan bodi garapan karoseri Adiputro , armada terbaru tersebut melayani rute Malang-Bandung PP (pulang-pergi).

Armada terbaru PO GHTS menggunakan konsep double decker alias bus tingkat dengan bodi Jetbus5 SDD dengan menggunakan sasis Volvo B11R. Tapi, bus ini tidak memasang kursi sleeper, hanya saja memasang sekat pada sejumlah kursi untuk memberikan rasa nyaman kepada penumpang.

Bus baru PO GHTS tetap mempertahankan ciri khas perusahaan dengan menggunakan warna bodi hijau muda. Kemudian sisi kanan dan kiri bus dilengkapi dengan livery kombinasi kelir biru, merah, dan kuning. Tak ketinggalan gambar Mickey Mouse yang sedang duduk di atas balon, sebagai penanda bahwa armada tersebut dilengkapi air suspension.

Masuk ke bagian dalam, kesan privasi sangat kuat pada dek pertama atau lantai bawah. Terdapat enam ruangan yang dengan kursi semi-sleeper untuk memberikan privasi lebih besar kepada penumpang.



Sementara naik ke lantai dua, terdapat kursi yang cukup lebar dengan konfigurasi 2-2. Terdapat dua kursi yang dilengkapi sekat seperti di lantai satu dengan nama Green Platinum Plus, ditujukan bagi mereka yang ingin mendapatkan privasi lebih dengan pemandangan lebih luas.

Bus ini juga dilengkapi toilet yang cukup mewah dengan closet duduk. Sayang, ukurannya tidak terlalu lebar sehingga penumpang harus memposisikan dirinya dengan benar saat menggunakan toliet tersebut.

Untuk keselamatan dan keamanan, bus juga telah dilengkapi dengan CCTV di berbagai sisi kabin. Terdapat layar pada kabin kru yang dapat memantau langsung kondisi kabin. Bahkan, CCTV tersebut langsung terhubung ke operator di kantor pusat PO GHTS.



Sementara itu, bus tingkat tersebut ditopang dengan sasis Volvo B11R 450HP. Ini merupakan mesin terbaru dari produsen asal Swedia yang sudah terstandarisasi Euro 5 sehingga lebih ramah lingkungan.

Sasis ini menopang mesin D11, 6 silinder segaris, berkapasitas 11.000 cc. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga 450 hp pada 2.150 rpm dan torsi puncak 370 Nm pada pada 1.750 rpm.

Soal harga tiket, dek bawah merupakan kelas Green Luxury yang dibanderol Rp580.000 dari Malang, dan Rp570.000 dari Bandung. Kemudian pada dek atas terdapat kelas eksekutif plus dengan harga tiket Rp440.000 untuk keberangkatan dari Malang, dan Rp430.000 untuk keberangkatan dari Bandung.

Sedangkan untuk kelas Green Platinum Plus dikenakan tarif Rp510.000 untuk keberangkatan dari Malang, dan Rp500.000 untuk keberagngkatan dari Bandung.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1553 seconds (0.1#10.140)