Intip Tampang Hongqi Guoyue, Bus Mewah Buatan China

Jum'at, 05 Januari 2024 - 08:29 WIB
loading...
Intip Tampang Hongqi Guoyue, Bus Mewah Buatan China
Hongqi Guoyue membuktikan perusahaan otomotif China tidak hanya lihai membuat mobil-mobil premium tapi juga bus mewah. (Foto: Carscoops)
A A A
JAKARTA - Produsen otomotif asal China tak hanya berlomba-lomba menciptakan mobil baru. Mereka juga membidik segmen bus mewah.

Tilik saja produk baru Hongqi. Produsen otomotif untuk mobil presiden China itu kini membuat bus mewah. Bus yang diberi nama Hongqi Guoyue itu disiapkan untuk memenuhi kebutuhan badan-badan pemerintahan China, perusahaan swasta, dan pariwisita.

Hongqi Guoyue dibuat juga untuk membuktikan perusahaan mobil China itu tidak hanya lihai membuat mobil-mobil premium tapi juga bus mewah. "Bus ini memang tidak membidik segmen retail tapi lebih ke perusahaan dan lembaga-lembaga besar yang butuh transportasi mewah dan nyaman," tulis Carscoops, Jumat (5/1/2024).

Intip Tampang Hongqi Guoyue, Bus Mewah Buatan China


Hongqi Guoyue hadir dalam tiga konfigurasi kursi yakni 20 hingga 23 kursi untuk varian standar, 17 hingga 19 kursi untuk varian mewah, dan 17 kursi untuk model flagship. Dari segi dimensi Hongqi Guoyue masuk dalam kategori bus kecil.



Dimensinya adalah panjang 7.295 mm, lebar 2.090 mm, dan tinggi 2.785 mm. Untuk wheelbase adalah 3.990 mm. Jadi bisa dibilang bus buatan Hongqi ini mirip bus kecil di Indonesia yang menggunakan platform kendaraan niaga Fuso Canter dan Isuzu Elf.

Dari segi eksterior, Hongqi mempertahankan identitasnya di bus tersebut. Grille khas Hongqi, yang juga terlihat di mobil kepresidenan China, terpasang sempurna dan kuat nuansa krom.

Tampilan bus tidak bisa dikatakan modern. Hongqi Guoyue malah seperti bus jadul dengan desain yang kaku. Untungnya perpaduan warna emas dan hitam membuatnya jadi terlihat elegan.

Di bagian dalam sebenarnya tidak ada yang terlalu menonjol. Seperti bus- bus mewah lainnya, Hongqi menempatkan berbagai perlengkapan menarik di dalam bus seperti kulkas portable dan meja untuk makan atau bekerja.


Hanya saja memang jok dan dashboard bus benar-benar dibuat mewah. Jok kulit berbahan premium dipastikan membuat penumpang nyaman. Begitu juga dashboard bus yang mengikuti desain dashboard mobil-mobil mewah buatan Hongqi.

Untuk jantung mekanis, Hongqi Guoyue dilengkapi mesin V6 dengan kapasitas 3,0 liter. Mesin itu dipadukan dengan teknologi turbo yang bisa menggelontorkan tenaga sebesar 292 daya kuda dan torsi maksimal 420 Nm.

Sayang, Hongqi tidak mengumumkan harga bus mewahnya. Yang pasti bus tersebut hanya akan dipasarkan di China.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)