China Protes Keras ke Eropa Soal Pajak Mahal Mobil Listrik

Minggu, 11 Agustus 2024 - 07:28 WIB
loading...
China Protes Keras ke...
Mobil listrik China. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
BEIJING - Pemerintah China dilaporkan telah mengajukan keluhan ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) terkait tarif Uni Eropa terhadap kendaraan listrik (EV) buatan China.



Kementerian Perdagangan mengatakan bahwa China telah menggunakan mekanisme penyelesaian perselisihan WTO "untuk melindungi hak dan kepentingan pengembangan industri kendaraan listrik dan kerja sama dalam transformasi ramah lingkungan global."

Seperti dilanisr dari Asia Nikkei, UE telah mengenakan tarif sementara hingga 37,6 persen pada kendaraan listrik buatan Tiongkok, dengan alasan bahwa mereka mendapat keuntungan yang tidak adil dari subsidi pemerintah.

China mengatakan dukungannya terhadap industri kendaraan listrik mematuhi aturan WTO.

Kedua belah pihak mempunyai waktu hingga awal November untuk mencoba menyelesaikan perbedaan mereka, setelah itu tarif sementara akan resmi.

Ekspor mobil Tiongkok meningkat pada bulan Juli dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu, sementara penjualan domestik turun, sebuah asosiasi industri melaporkan pada hari Jumat.

Kementerian Perdagangan China mengatakan tarif UE melanggar aturan WTO dan merusak kerja sama global mengenai perubahan iklim.

Sebagai tanggapan, China telah meluncurkan penyelidikan terhadap cognac Perancis dan ekspor daging babi Eropa yang dikhawatirkan oleh beberapa analis dapat meningkat menjadi perang dagang yang merugikan secara ekonomi dengan UE.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2211 seconds (0.1#10.140)