5 Kebiasaan Pengguna Motor Matik yang Bikin CVT Cepat Rusak

Minggu, 18 Agustus 2024 - 23:29 WIB
loading...
5 Kebiasaan Pengguna...
5 Kebiasaan Pengguna Motor Matik . FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Skuter matik (skutik) menjadi pilihan banyak masyarakat Indonesia karena menawarkan kepraktisan. Motor jenis ini mengandalkan CVT (Continuously Variable Transmission) sebagai penyalur tenaga dari mesin ke ban belakang.



Komponen ini memungkinkan motor untuk mengubah transmisi tanpa harus melakukan perpindahan gigi secara manual, seperti motor bebek atau sport. Untuk menjaga performanya, pengguna motor matic harus menghindari kebiasaan yang dapat merusak komponen tersebut.

Seperti diketahui, di dalam CVT terdapat beragam komponen yang saling berkaitan untuk menggerakkan motor. Oleh sebab itu, ketahui 5 kebiasaan buruk yang dapat merusakan komponen CVT seperti dibagikan Suzuki.

1. Perawatan Kurang Maksimal

Perawatan rutin menjadi kunci untuk menjaga performa CVT tetap optimal. Sayangnya, banyak pemilik motor matic yang kerap mengabaikan perawatan berkala pada CVT. Padahal, penggantian oli CVT, pengecekan v-belt, dan komponen lainnya perlu dilakukan untuk menjaga performanya tetap optimal.

Penggantian oli CVT yang terlambat atau bahkan diabaikan dapat mengakibatkan gesekan yang berlebihan pada komponen CVT. Hal ini dapat mempercepat keausan dan kerusakan pada komponen tersebut.

Selain itu, belt yang aus atau retak dapat menyebabkan penurunan performa motor secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting untuk selalu melakukan perawatan CVT sesuai jadwal yang ditetapkan.

2. Oli CVT Berkualitas Buruk

Kebiasaan berikutnya yang dapat menyebabkan CVT motor cepat rusak yaitu menggunakan oli berkualitas buruk. Pemilihan oli yang tepat sangat penting untuk mendukung kinerja CVT.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2142 seconds (0.1#10.140)