Canggih, Militer AS Punya Mobil Taktis Segala Medan Semi-Otonom

Senin, 19 Agustus 2024 - 08:53 WIB
loading...
Canggih, Militer AS...
Deep Orange 15 didesain untuk melibas segala medan. Foto/Yanko Design
A A A
AMERIKA - Kendaraan taktis untuk kondisi darurat banyak menjadi kebutuhan militer untuk membantu penyelamatan nyawa seseorang. Sebuah mobil canggih semi-otonom tercipta untuk kepentingan Angkatan Darat AS.

Proyek gabungan dari dua organisasi bersama dengan merek-merek besar seperti Brembo, Fox Racing, dan North American Rescue menjadi otak di balik ide pembuatan mobil darurat semi otonom, Deep Orange 15. Untuk meningkatkan dinamika dan fungsi kendaraan, simulasi pemodelan juga telah dilakukan untuk penggunaannya dalam operasi militer.

Tim tadi merancangnya hanya dalam 18 bulan sesuai persyaratan pasukan elit Angkatan Darat AS. Ide utama mobil darurat harus mampu beroperasi di berbagai medan. Kemampuan segala medan dan perlengkapan darurat berada di puncak daftar ini. Kemampuan semi-otonom juga masuk dalam daftar tambahan. Hal ini untuk memungkinkan pengemudi berkonsentrasi memberikan pertolongan pertama ketika setiap detik sangat berharga.

Melansir Yanko Design, Senin (19/8/2024) Deep Orange 15, kendaraan pencarian dan penyelamatan semi-otonom yang dikembangkan oleh mahasiswa Departemen Teknik Otomotif Universitas Clemson masuk ke jenis jendaraan segala medan. Fungsinya menjanjikan peningkatan keselamatan dalam skenario paling berbahaya.



Kemampuannya tidak berhenti pada fitur semi-otonom, karena kendaraan ini dapat mengemudi kembali ke pusat darurat yang ditentukan dengan dua orang terluka di dalamnya. Sementara itu, pengemudi dapat membantu dalam upaya penyelamatan di lokasi yang terkena bencana alam.

Kendaraan penyelamat ini dirancang untuk Komando Pengembangan Kemampuan Tempur (DEVCOM) Angkatan Darat AS dilengkapi dengan pengaturan LiDAR dan kamera canggih untuk memetakan medan guna menciptakan rute yang aman untuk membantu petugas penyelamat. Deep Orange 15 memiliki drivetrain hybrid dengan mesin diesel yang dipasang pada sasis dan empat motor listrik pada roda.



Mesin diesel secara bersamaan menjalankan generator untuk memberi daya pada baterai besar. Untuk melintasi segala medan, kendaraan roda empat ini memiliki sistem suspensi aktif.

Keselamatan saat melakukan perjalanan di medan yang tidak terlalu mulus menciptakan tantangan untuk transportasi orang yang terluka, oleh karena itu, kendaraan ini dilengkapi dengan mekanisme pemuatan tandu yang canggih. Kursi penumpang yang berputar lebih memudahkan transportasi orang yang terluka parah.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2758 seconds (0.1#10.140)