Mengenal Apa Itu Popemobile, Mobil yang Digunakan Paus di Kerumunan Besar

Rabu, 04 September 2024 - 12:18 WIB
loading...
Mengenal Apa Itu Popemobile,...
Paus Fransiskus melambaikan tangan kepada masyarakat yang menyambutnya. Foto: Washington Post
A A A
JAKARTA - Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik sedunia Paus Fransiskus tidak hanya menggunakan Kijang Innova Zenix V hybrid Modellista berpelat nomor negara Vatikan SCV 1 dalam kunjungannya selama 3-6 September 2024 di Indonesia. Tapi, juga memakai Pindad Maung MV3 yang sudah dimodifikasi khusus menjadi Popemobile, apa itu?

Mobil Paus atau Popemobile adalah nama tidak resmi yang diberikan kepada mobil rancangan khusus yang digunakan oleh Paus Gereja Katolik selama tampil di depan publik di tempat terbuka.

Mobil Paus ini dirancang supaya Sri Paus bisa terlihat ketika menyapa masyarakat dalam jumlah besar.

Hingga saat ini, Popemobile memiliki berbagai model rancangan yang berbeda-beda. Terutama semenjak Paus Yohanes Paulus II pertama kali menggunakan sebuah truk yang dirancang khusus untuk menyapa massa di kunjungan pertamanya ke Polandia sebagai Paus.

Dirancang Terbuka, tapi Tetap Aman
Mengenal Apa Itu Popemobile, Mobil yang Digunakan Paus di Kerumunan Besar

Mobil Paus didesain agar umat Katolik dapat melihat Sri Paus dengan mudah. Sehingga pada awalnya bagian belakang mobil dirancang dengan bak yang tidak tertutup sama sekali.

Namun, setelah insiden percobaan pembunuhan terhadap Paus Yohanes Paulus II, mobil Paus dilengkapi dengan kaca anti-peluru di semua sisi.

Beberapa mobil juga menyediakan tempat supaya Sri Paus bisa duduk, sementara beberapa lainnya dirancang supaya Sri Paus bisa berdiri.



Bermacam-macam model Mobil Paus ini membuat pihak Vatikan bisa memilih tipe kendaraan mana yang pantas berdasarkan tingkat keamanan yang dibutuhkan serta jarak dan kecepatan perjalanan itu.

Adapun setiap mobil dibekali pelat nomor SCV 1, yang merupakan singkatan dari Status Civitatis Vaticanae. Dalam Bahasa Latin artinya NegaraKotaVatikan.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1842 seconds (0.1#10.140)