Twiga Hadirkan Nkwe 4x4 MRAP, Kendaraan Tempur yang Mampu Melaju Kencang

Jum'at, 04 Oktober 2024 - 20:00 WIB
loading...
Twiga Hadirkan Nkwe...
Kendaraan tempur Nkwe 4x4 MRAP memiliki spesifikasi mumpuni dan mampu melaju hingga 100 Km per jam. Foto/Army recognition
A A A
JAKARTA - Perusahaan Afrika Selatan Twiga Services and Logistics memperkenalkan kendaraan tempur baru Nkwe 4x4 Mine-Resistant Ambush Protected (MRAP) dengan spesifikasi mumpuni. Unit ini mampu memberikan perlindungan maksimal dan melaju hingga 100 Km per jam.

Kendaraan tempur anti granat, ranjau dan senjata ringan ini dipamerkan di ajang Africa Aerospace and Defence (AAD) 2024.

Dilansir dari Army Recognition, Jumat (4/10/2024) Nkwe, berarti Leopard dalam bahasa Setswana. Kendaraan tempur ini telah lolos kualifikasi pada tahun 2024 dan dirancang untuk berbagai operasi militer dan pemeliharaan perdamaian.

Nkwe memberikan perlindungan balistik NATO STANAG Level 2 untuk personel, menawarkan ketahanan terhadap peluru armor-piercing 7.62×39 mm. Kendaraan ini juga menawarkan perlindungan Level 1 untuk ruang mesin, melindunginya dari ledakan granat dan ranjau anti-personel.



Selain itu, Nkwe juga memberikan perlindungan ranjau Level 3a, mampu menahan ledakan 8 kg di bawah roda mana pun atau pusat lambung. Level perlindungan ini memungkinkan Nkwe beroperasi dalam berbagai peran seperti infanteri motoris, anti-gerilya, pasukan khusus, dan operasi perkotaan.

Kendaraan ini didukung oleh mesin diesel turbocharged empat silinder Mercedes-Benz 4.8L, menghasilkan 218 hp pada 2.200 rpm serta 810 Nm torsi antara 1.200 dan 1.600 rpm, yang dikelola melalui transmisi manual-otomatis delapan kecepatan. Sistem ini memungkinkan Nkwe mencapai kecepatan maksimum 100 km/jam.

Sistem suspensi dirancang untuk kondisi off-road, dan kendaraan ini dilengkapi dengan ban radial tanpa ban dengan Run Flat Inserts (RFI), Central Tyre Inflation System (CTIS), dan Anti-lock Braking System (ABS), memastikan kendaraan tetap beroperasi di berbagai medan. Berat total kendaraan (GVM) adalah 9.500 kilogram, dan dilengkapi dengan tangki bahan bakar diesel 200 liter.



Nkwe tersedia dalam beberapa konfigurasi, termasuk Armored Personnel Carrier (APC), Weapons Platform (WP), dan Battlefield Ambulance. Memiliki tempat duduk untuk sepuluh orang, termasuk pengemudi dan komandan, dengan delapan penumpang tambahan.

Kendaraan dapat dikonfigurasi dengan kemudi kiri atau kanan dan dilengkapi dengan sistem pendingin udara yang memberikan 17.000 BTU pendinginan. Juga dilengkapi dengan sepuluh port senjata dan dapat dilengkapi dengan stasiun senjata manual atau jarak jauh, sehingga dapat memenuhi berbagai peran operasional.

CEO Twiga, Damian de Lange, menyatakan Nkwe dirancang untuk memungkinkan transfer teknologi yang mudah untuk manufaktur lokal. Selain itu, kendaraan ini memperkenalkan peningkatan driveline baru untuk kendaraan lapis baja Twiga yang lebih tua, seperti Mamba dan Nyoka.

Komponen driveline baru, yang telah lolos kualifikasi untuk digunakan dalam kendaraan ini, memberikan kinerja yang lebih tinggi sambil memungkinkan lambung kendaraan yang ada untuk digunakan kembali. Peningkatan ini diharapkan dapat memperpanjang masa operasional platform ini selama dua dekade mendatang.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3600 seconds (0.1#10.140)