Pecahkan Rekor, Chevrolet Corvette ZR1 Melesat 375 Km per Jam

Kamis, 17 Oktober 2024 - 10:05 WIB
loading...
Pecahkan Rekor, Chevrolet...
Chevrolet Corvette ZR1 2025 memecahkan rekor sebagai mobil tercepat yang pernah diproduksi di Amerika Serikat. Foto/Interesting Engineering
A A A
JAKARTA - Chevrolet Corvette ZR1 2025 memecahkan rekor sebagai mobil tercepat yang pernah diproduksi di Amerika Serikat setelah berhasil melaju dengan kecepatan 233 mph atau 375 Km per jam.

Rekor kecepatan ini diraih oleh Presiden General Motors Mark Reuss saat mengemudikan Chevrolet Corvette ZR1 2025 di lintasan uji di Papenburg, Jerman. Dengan catatan ini, Chevrolet Corvette ZR1 2025 telah memecahkan rekor kecepatan tertinggi yang tidak tertandingi oleh mobil produksi saat ini yang dihargai di bawah USD1 juta.

“Memecahkan rekor kecepatan tertinggi Corvette ZR1 adalah kemenangan sejati bagi Corvette dan Chevrolet, dan juga pengalaman yang menggembirakan bagi saya secara pribadi,” kata Reuss dilansir dari Interesting Engineering, Kamis (17/10/2024).

“Dengan beralihnya generasi saat ini ke mesin tengah, kami tahu bahwa kinerja dan keseimbangan yang luar biasa membuatnya menjadi kemungkinan nyata.”



ZR1 menggendong mesin V8 terkuat yang pernah diproduksi oleh produsen mobil di Amerika. Pada tahun 2020, Corvette beralih ke arsitektur mesin tengah, membuka tingkat kinerja dan inovasi baru.

Insinyur Chevrolet memanfaatkan pengetahuan pengembangan perangkat lunak, pemodelan, dan perangkat keras GM yang mendalam untuk menetapkan tolok ukur kecepatan baru bagi produsen mobil Amerika.

Corvette ZR1 menetapkan rekor dengan sasis standar dan paket aero, spoiler standar dengan wicker pendek, efek tanah serat karbon, ban Michelin Pilot Sport 4S, dan roda aluminium.

Insinyur Chevrolet mengembangkan Mode Kecepatan Tinggi secara eksklusif untuk penggunaan lintasan tertutup. Mode ini menyesuaikan sistem kontrol sasis untuk kecepatan maksimum. Corvette ZR1 mencapai 233 mph dengan mesin pada redline di gigi enam.



Selama pengujian, termasuk rekor berlari Reuss, seorang insinyur berada di kursi penumpang, menganalisis data secara real-time. Melaju 233 mph bukanlah kinerja satu kali. Lima insinyur dan mobil pengembangan ZR1 di lokasi melebihi 230 mph dalam beberapa kali pengujian.

Lintasan Papenburg menyediakan kondisi optimal, seperti suhu dan kepadatan udara, untuk tes kecepatan tinggi. Insinyur Chevrolet sebelumnya telah menetapkan kecepatan tertinggi untuk Corvette ZR1 generasi keenam dan ketujuh serta Camaro ZL1 generasi keenam fasilitas ini.

ZR1 adalah mobil tercepat yang pernah diproduksi GM. Corvette ZR1 2025 menampilkan mesin V8 5.5L, twin-turbocharged LT7 DOHC flat-plane crank. Menurut pedoman SAE, memiliki 1.064 tenaga kuda pada 7.000 rpm dan 828 lb-ft torsi pada 6.000 rpm—tenaga paling banyak yang pernah dihasilkan dari Corvette pabrik dan V8 paling kuat yang pernah diproduksi di Amerika oleh produsen mobil. Mobil ini menampilkan paket aero serat karbon yang disengaja yang menciptakan lebih dari 1.200 pon downforce pada kecepatan tertinggi.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2986 seconds (0.1#10.140)