Pertama Kali Mobil Tercepat di Dunia Jajal Trek Balap, Rodin FZero Mampu Melesat 360 Km/Jam

Kamis, 07 Desember 2023 - 21:26 WIB
loading...
Pertama Kali Mobil Tercepat di Dunia Jajal Trek Balap, Rodin FZero Mampu Melesat 360 Km/Jam
Rodin FZero, yang diklaim sebagai mobil tercepat di dunia, untuk pertama kali menjajal trek balap di fasilitas baru perusahaan dekat Gunung Lyford di Pulau Selatan Selandia Baru. Foto/Auto Express
A A A
WELLINGTON - Rodin FZero, yang diklaim sebagai mobil tercepat di dunia , untuk pertama kali menjajal trek balap di fasilitas baru perusahaan dekat Gunung Lyford di Pulau Selatan Selandia Baru. Rodin FZero baru menggunakan mesin V10 twin-turbo 4.0 liter dan menjanjikan kecepatan tertinggi 224 mil/jam atau 360 km/jam.

Rodin FZero, menampilkan mesin yang dirancang oleh Dicker dan dikembangkan di Inggris oleh Neil Brown Engineering dan dijuluki RC.TEN. Hypercar ini diperkirakan dibanderol dengan berharga sekitar 1,8 juta Poundsterling (Rp35 miliar) dan mulai dikirim ke pembeli mulai tahun depan.

“Tesnya berjalan sangat baik dan kami dapat mengerjakan program ini. Kami sangat gembira karena proyek FZero memasuki fase berikutnya. Ini benar-benar mobil yang tiada duanya,” kata Dicker ketika keluar kokpit tertutup Rodin FZero dikutip SINDOnews dari laman autoexpress, Kamis (7/12/2023).



Dengan tenaga 1.013bhp, torsi 700Nm, dan kecepatan tertinggi 224 mil/jam, FZero ditargetkan mampu mengungguli Valkyrie menjadi “mobil tercepat di dunia.” Rodin juga mengungkapkan bahwa mesin RC.TEN, baik dalam bentuk turbocharged maupun normal aspirated, akan tersedia sebagai ‘crate motor’ untuk aplikasi motorsport lainnya.

Dicker berkeinginan agar Rodin menjadi mobil balap terbaik roda terbuka satu tempat duduk, Pembangunan Rodin FZero dimulai sebagai proyek Lotus T125 yang bernasib buruk hingga diselamatkan oleh Rodin.
Pertama Kali Mobil Tercepat di Dunia Jajal Trek Balap, Rodin FZero Mampu Melesat 360 Km/Jam


FZero dibuat agar lebih cepat di lintasan dibandingkan mobil Formula Satu karena telah dikembangkan bebas dari peraturan motorsport apa pun. “Ini dibuat untuk trek, dibuat agar lebih cepat dari mobil F1,” kata Dicker.

Dicker juga mengkonfirmasi kepada Auto Express bahwa versi jalan raya dari FZero akan dibuat setelah batch pertama dari 30 mobil balap telah dibuat. Sementara perusahaan juga sedang mengerjakan model serba listrik yang ditujukan untuk penggunaan jalan raya.



Rodin berharap untuk menghadirkan FZero pertama tahun ini, namun merger perusahaan tersebut dengan tim balap Inggris Carlin, dan kegagalan lamaran untuk menjadi tim ke-11 Formula 1, telah menunda banyak hal.

Namun, Dicker dan Rodin tetap mendukung pembalap termasuk Liam Lawson, yang saat ini menjadi pembalap cadangan untuk tim F1 Red Bull Racing. Tim berkompetisi di lima Grand Prix tahun ini menggantikan Daniel Ricciardo di Alpha Tauri, dan Louis Sharp, yang baru-baru ini dinobatkan sebagai juara F4 Inggris.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2749 seconds (0.1#10.140)