Bisa Melesat 85 Km/Jam, Truk Hidrogen Hyundai Mampu Tempuh 400 Km

Kamis, 08 Oktober 2020 - 13:06 WIB
loading...
Bisa Melesat  85 Km/Jam, Truk Hidrogen Hyundai Mampu Tempuh 400 Km
Truk Hidrogen Hyundai . FOTo/ IST
A A A
SEOUL - Perkembangan teknologi serta kepedulian menekan polusi di Bumi, membawa berbagai produsen otomotif berlomba-lomba menciptakan kendaraan ramah lingkungan. BACA JUGA- Industri Otomotif Sekarat Akibat Corona, Honda Turunkan Harga Motor

Tak hanya kendaraan dengan tenaga listrik, penciptaan kendaraan bertenaga hidrogen juga masuk ke dalamnya. BACA JUGA - Toyota Berbisik Innova Facelift Hadir untuk Goda Pasar XPander?

Salah satunya adalah truk terbaru buatan Hyundai yang juga menggunakan tenaga hidrogen. Truk besar tersebut diberi nama Hyundai Xcient. Rencananya, truk tersebut akan mulai mengaspal di Negeri Gingseng pada 14 Oktober 2020 mendatang.

Raksasa otomotif asal Korea Selatan itu membekali Xcient dengan tujuh tangki yang menyimpan hidrogen. Jika terisi penuh, Hyundai mengklaim Xcient FCEV dapat menempuh 400 km dan dapat melaju hingga kecepatan tertinggi 85 km/jam.

Truk ini dirakit sebagai truk heavy duty dengan nol emisi. Xcient Fuel Cell dilengkapi dengan tangki hidrogen 350-bar 32-kg dengan waktu pengisian ulang hidrogen hanya dalam waktu 8-20 menit.

Selain itu, Xcient Fuel Cell juga mampu membawa beban yang sebanding dengan truk diesel. Di dalaknya tersedia berbagai fitur keselamatan dan kenyamanan.

Fitur yang dimaksud antara lain Front Collision-avoidance Assist (FCA), Lane Departure Warning (LDW), pencerminan ponsel cerdas, dan pengisian daya nirkabel.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1642 seconds (0.1#10.140)