Pertamax Turbo Tropical Sprint Rally Sukses Digelar di Tanjung Lesung

Selasa, 20 Oktober 2020 - 03:18 WIB
loading...
Pertamax Turbo Tropical Sprint Rally Sukses Digelar di Tanjung Lesung
Pertamax Turbo Tropical Sprint Rally Open Championship 2020 berhasil digelar di masa pandemik COVID-19 di Sirkuit Badak Tanjung Lesung, Banten. Foto/ist
A A A
PANDEGLANG - Pertamax Turbo Tropical Sprint Rally Open Championship 2020 sukses digelar di Sirkuit Badak Tanjung Lesung, Banten , dari Sabtu-Minggu (17-18/10/2020). (Baca juga: Dukung Teknologi Mesin Mobil Terkini, Pertamax Turbo Hadir di Bangka Belitung )

Balapan yang diinisiasi Jababeka Group melalui PT Banten West Java ini berjalan lancar dengan jumlah pereli yang dibatasi. Ditambah menjalankan protokol kesehatan ketat tanpa mengundang penonton, penyemprotan disinfektan secara intensif, penyediaan tempat cuci tangan, dan ketersediaan hand sanitizer di berbagai titik.

"Untuk evennya bagus, karena menurut saya sudah memenuhi dan layak untuk dibilang standar COVID," kata Anjasara Wahyu, salah satu pereli yang mengikuti kejuaraan Pertamax Turbo Tropical Sprint Rally Open Championship 2020.

Dengan tegaknya protokol COVID-19, semakin membuat puluhan pereli nyaman berlaga untuk mengeluarkan seluruh kemampuannya. Apalagi sirkuit ini berada di kawasan Pantai Tanjung Lesung dengan pemandangan menghadap pantai, tentu akan memberikan sensasi berbeda di saat mengejar waktu terbaiknya. Juga, pereli tak perlu cemas jika membawa keluarga ke Tanjung Lesung karena banyak tempat-tempat cantik dan villa berkelas untuk dihuni.

Benar saja, kejuaraan reli nasional selama dua hari ini berjalan seru. Geliat keseruan sudah bisa terlihat pada hari pertama, di mana sejak pagi balapan yang terbagi dalam 4 grup sudah dimulai, yaitu M untuk sedan berpenggerak 4 roda, F untuk sedang dengan penggerak roda depan, R untuk kendaraan penggerak roda belakang, dan J untuk jenis jip. Semua peserta menjalani dua kali Special Stage (SS) dengan panjang lintasan 4,6 km dan rute clockwise atau searah jarum jam.

Namun keesokannya dilakukan treatment berbeda, yakni special stage 3-4 dikemas dengan anti-clockwise atau melawan arah jarum jam dan dilepas satu per satu layaknya special stage rally biasanya.

Special Stage 3 dimulai dari jam 08.00 sampai jam 10.30 WIB. Lalu dilanjut Special Stage 4 setelah mendapat hasil pengumuman sementara dan start list special stage 4.

Selesai Special Stage 4 pada jam 14.00 WIB, panitia penyelenggara langsung melakukan penilaian dari semua pereli. Tak berselang lama diumumkan para pemenang kejuaraan rally dan dilangsungkan pembagian hadiah.

Pembagian hadiah berlangsung meriah dengan dihadiri tamu penting yang terlibat dalam penyelenggaran kejuaraan ini. Antara lain, Irna narulita, tokoh masyarakat Pandeglang; Ketua DPRD Pandeglang, Udi Juhdi; Wakil Ketua DPRD, Asep; Wakil Ketua DPRD, Fuhaira; Direksi Jababeka, Hyanto Wihadhi dan Setiawan Mardjuki, perwakilan PT BWJ; serta Poernomo Siswoprasetijo, Direktur Utama PT BWJ.

Dalam sambutan para tamu, terdapat benang merah yang mereka katakan, yakni kejuaraan reli ini bisa diadakan secara reguler. Karena diyakini mampu mempromosikan Kabupaten Pandeglang dan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung sebagai destinasi wisata, yang pada akhirnya meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

“Terima kasih atas partisipasi para pereli yang sudah mengikuti kejuaraan reli nasional ini. Tentu, apa yang kami hadirkan di kejuaraan tahun ini akan kami tingkatkan lagi, karena kami siap untuk mengadakan kejuaraan berikutnya dengan acara yang lebih seru,” janji Hyanto. (Baca juga: Martinez Ingin Inter Optimis Bisa Kuasai Lagi Liga Champions)
(iqb)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1472 seconds (10.101#12.26)