Alasan Kita Dilarang Bawa Handphone ke Toilet, Salah Satunya Bikin Ambeien

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 18:10 WIB
loading...
Alasan Kita Dilarang Bawa Handphone ke Toilet, Salah Satunya Bikin Ambeien
Membawa handphone ke toilet bukan kebiasaan yang baik karena bisa menjemput bakteri. Foto/Sky News
A A A
JAKARTA - Saat ini ponsel menjadi barang yang wajib dibawa ke mana pun, bahkan saat kita ke toilet . Padahal membawa handphone ke toilet bukan kebiasaan yang baik karena sama saja Anda menjemput bakteri . (Baca juga: Kemenhub Pastikan Pantau Protokol Kesehatan saat Libur Panjang )

Dirangkum SINDOnews dari laman Klik Dokter, Sabtu (24/10/2020), berikut fakta tentang membawa handphone ke toilet.

1. Kamar Mandi Sumber Bakteri
Meski dibersihkan setiap hari, kamar mandi tetap menjadi sarang bakteri dan organisme lainnya yang tak kasat mata. Terlebih jika kamar mandi digunakan oleh banyak orang.

Mulai dari gagang pintu, dudukan toilet, tuas pembilas (flush), toilet jet spray, hingga keran air bisa menjadi sarang kuman. Efek membawa smartphone ke toilet berpotensi memindahkan dan menambahkan kuman ke dalam genggaman tangan Anda.

2. Smartphone Juga Sumber Bakteri
Sebelum Anda membawa gawai ke toilet, kalian juga perlu tahu bahwa gawai tersebut merupakan salah satu benda yang paling sering menjadi tempat bakteri berkembang biak. Mengapa? Ini karena ponsel sering kali digunakan dan diletakkan di tempat yang belum tentu bersih.

Menurut penelitian, telepon seluler merupakan benda yang paling terkontaminasi bakteri bila dibandingkan tempat duduk toilet. Karena itu, efek membawa ponsel ke toilet dapat meningkatkan risiko terjadi kontaminasi bakteri.

3. Memicu Gangguan Pencernaan
Salah satu bakteri yang mungkin menempel di telepon seluler kita adalah bakteri Salmonela, penyebab utama dari penyakit yang disebarkan melalui makanan.

Selain itu, terdapat pula bakteri Clostridium difficile. Keduanya dapat menyebabkan gangguan di saluran pencernaan.

4. Memicu Masalah di Kulit Wajah
Selain bakteri pemicu gangguan cerna, terdapat bakteri kelompok Staphylococcus. Hal inilah yang menyebabkan masalah di wajah sebagai efek membawa ponsel ke toilet. Mengingat ponsel bisa menempel di wajah saat melakukan aktivitas menelepon.

5. Menjadi Distraksi saat Proses "Pup"
Membawa smartphone ke toilet membuat kita akan semakin lama duduk di toilet akibat terdistraksi. Secara tak sadar, menggunakan handphone saat duduk di kamar mandi dapat meningkatkan tekanan di anus. Akibatnya, risiko terjadinya hemoroid atau ambeien pun meningkat.

6. Membuat Otak Lelah
Meski ingin produktif atau mendapatkan ide, bukan berarti kamu harus membawa ponsel ke toilet. Kebiasaan ini membuat otak akan semakin lelah karena berkutat dengan e-mail, membalas chat, dan sebagainya.

Sebaiknya kita memanfaatkan waktu di dalam toilet untuk beristirahat sejenak dan lepas gadget dalam beberapa waktu. Anda setuju? (Baca juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Google Classroom di Komputer dan Ponsel )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3053 seconds (0.1#10.140)