Alasan Kita Dilarang Bawa Handphone ke Toilet, Salah Satunya Bikin Ambeien

loading...
Alasan Kita Dilarang Bawa Handphone ke Toilet, Salah Satunya Bikin Ambeien
Membawa handphone ke toilet bukan kebiasaan yang baik karena bisa menjemput bakteri. Foto/Sky News
JAKARTA - Saat ini ponselmenjadi barang yang wajib dibawa ke mana pun, bahkan saat kita ke toilet. Padahal membawa handphone ke toilet bukan kebiasaan yang baik karena sama saja Anda menjemput bakteri. (Baca juga: Kemenhub Pastikan Pantau Protokol Kesehatan saat Libur Panjang)

Dirangkum SINDOnews dari laman Klik Dokter, Sabtu (24/10/2020), berikut fakta tentang membawa handphone ke toilet.

1. Kamar Mandi Sumber Bakteri
Meski dibersihkan setiap hari, kamar mandi tetap menjadi sarang bakteri dan organisme lainnya yang tak kasat mata. Terlebih jika kamar mandi digunakan oleh banyak orang.

Mulai dari gagang pintu, dudukan toilet, tuas pembilas (flush), toilet jet spray, hingga keran air bisa menjadi sarang kuman. Efek membawa smartphone ke toilet berpotensi memindahkan dan menambahkan kuman ke dalam genggaman tangan Anda.



2. Smartphone Juga Sumber Bakteri
Sebelum Anda membawa gawai ke toilet, kalian juga perlu tahu bahwa gawai tersebut merupakan salah satu benda yang paling sering menjadi tempat bakteri berkembang biak. Mengapa? Ini karena ponsel sering kali digunakan dan diletakkan di tempat yang belum tentu bersih.

Menurut penelitian, telepon seluler merupakan benda yang paling terkontaminasi bakteri bila dibandingkan tempat duduk toilet. Karena itu, efek membawa ponsel ke toilet dapat meningkatkan risiko terjadi kontaminasi bakteri.

3. Memicu Gangguan Pencernaan
Salah satu bakteri yang mungkin menempel di telepon seluler kita adalah bakteri Salmonela, penyebab utama dari penyakit yang disebarkan melalui makanan.



Selain itu, terdapat pula bakteri Clostridium difficile. Keduanya dapat menyebabkan gangguan di saluran pencernaan.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR ANDA
Top