Max Biaggi Geber Motor Listrik Terkencang di Dunia, Top Speed 408 KPJ

Rabu, 04 November 2020 - 15:05 WIB
loading...
Max Biaggi Geber Motor Listrik Terkencang di Dunia, Top Speed 408 KPJ
Max Biaggi bersama tim Voxan Wattman yang berhasil tercatat sebagai motor listrik terkencang di dunia. Foto / Venturi
A A A
PRANCIS - Motor listrik asal Monako, Voxan Wattman bersama ridernya, Max Biaggi akhirnya mencatat rekor fantastis sebagai motor listrikterkencang di dunia. Di atas motor Voxan Wattman, Max Biaggi berhasil meraih kecepatan rata-rata 408 kilometer per jam. Pencatatan rekor dilakukan di Bandara Châteauroux, Prancis pada 30 Oktober - 1 November lalu.

Dalam upaya meraih status sebagai motor paling kencang di dunia, Voxan Wattman berhasil tampil impresif di 11 upaya pencatatan rekor kecepatan. Selama tiga hari dua motor Voxan Wattman, Streamline dan Non Streamline dipaksa berlari sekencang-kencangnya untuk meraih kecepatan tertinggi rata-rata 408 kilometer per jam.

Pengukuran kecepatan rata-rata 408 kilometer per jam ini memang unik. Voxan Wattman dipaksa bekerja keras untuk melahap 11 tes yang ada dengan jarak dan metode start yang berbeda. (Baca juga : Pro Mobil Listrik, Perlukah Joe Biden Tinggalkan Cadillac One, Jika Jadi Presiden? )

Max Biaggi Geber Motor Listrik Terkencang di Dunia, Top Speed 408 KPJ


Dalam pencatatan itu kedua motor bahkan diharuskan bekerja dua kali. Pasalnya peraturan FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) mengisyaratkan agar mobil atau motor yang ingin mencatatkan rekor kecepatan harus melakukan upaya pencatatan dengan arah yang berlawan. Setelah 11 tes itu selesai baru tercatat kecepatan rata-rata yang diraih oleh Voxan Wattman.

Di hari pertama, Voxan Wattman diharuskan melahap jarak tempuh 500 meter dengan dua tipe motor yang berbeda. Dengan motor khusus berbadan streamline, Voxan Wattman berhasil mencatatkan kecepatan 394,45 kilometer per jam dengan start terbang. Sementara menggunakan motor Voxan Watmman non streamline di jarak yang sama dengan start terbang kecepatan tertinggi mencapai 357, 19 kilometer per jam.

Masih di hari yang sama Voxan Wattman melahap jarak tempuh satu kilometer dengan start terbang dimana kecepatan rata-rata mencapai 386,35 kilometer. Di catatan ini Voxan Wattman berhasil mematahkan rekor yang sudah pernah diraih oleh Ryuji Tsuruta di motor Mobitec EV-02A dengan kecepatan 329 kilometer per jam.

Di hari kedua, pencatatan dilakukan untuk jarak 500 meter. Dimana Voxan Wattman mengerahkan dua motor Streamline dan Non Streamline. Untuk Non Streamlined dengan metode start diam kecepatan yang diraih mencapai 126,20 kilometer per jam. Sementara untuk Streamline dengan jarak dan metode start yang sama mampu mencapai 127,30 kilometer per jam. Capaian ini mematahkan rekor sebelumnya yang hanya mencapai 87,6 kilometer per jam. (Baca juga : Keputusan Bulat, Ferrari Tidak Akan Sentuh Mobil Listrik )

Max Biaggi Geber Motor Listrik Terkencang di Dunia, Top Speed 408 KPJ


Masih di hari kedua, jarak tempuh dibuat dua kali lipat hingga mencapai 1 kilometer. Dua motor yang sama masih digunakan, Streamlined dan Non Streamlined, metode start juga masih sama dengan start diam. Kecepatan tertinggi yang diraih oleh Non Streamlined mencapai 185,56 kilometer per jam. Sementara untuk Streamlined berhasil memecahkan rkeor 76,11 kilometer per jam karena mampu meraih top speed 191,84 kilometer per jam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1789 seconds (0.1#10.140)