Teknologi Baru Ford, Cegah Mobil Tertabrak dari Titik Buta Saat Pindah Lajur

Jum'at, 06 November 2020 - 09:59 WIB
loading...
Teknologi Baru Ford, Cegah Mobil Tertabrak dari Titik Buta Saat Pindah Lajur
Ford Kuga jadi mobil pertama Ford yang menggunakan fitur Lane Keeping-System with Blind Spot Assist. Foto / Netcarshow
A A A
LONDON - Ford Motor Co baru-baru ini mengembangkan teknologi baru yang menarik yakni Lane-Keeping System with Blind Spot Assist. Sesuai namanya fitur ini memang merupakan penggabungan dua fitur yang sudah ada yakni Lane-Keeping System dan Blind Spot Monitoring.

Nantinya teknologi baru itu akan membantu pengemudi melakukan counter steering ke lajur yang aman apabila dari arah titik buta terdapat kendaraan yang melaju ke arah yang bersamaan. Hal ini sangat membantu terutama buat para pengemudi yang biasa menempuh jalan yang memiliki banyak lajur. (Baca juga : Bentley Ogah Ikut Langkah Ferrari, Siap Fully Electric )

Teknologi Baru Ford, Cegah Mobil Tertabrak dari Titik Buta Saat Pindah Lajur


Biasanya karena lajur terlalu banyak pengemudi kerap berpindah lajur tanpa menyadari kendaraan yang ada di belakangnya melaju dengan cepat di jalur yang sama. Hal itu terjadi karena pengemudi tidak dapat mendeteksi kendaraan karena adanya titik buta.

Saat itulah teknologi Lane-Keeping System with Blind Spot Assist bekerja. Selain memberi tahu adanya potensi tabrakan teknologi juga akan melakukan counter steering guna terhindar dari potensi tabrakan. Fitur itu sendiri akan memonitor semua kendaraan yang ada di belakang mobil Ford sejauh 28 meter. Fitur akan tetap bekerja di kecepatan 32 kilometer per jam hingga 200 kilometer per jam.

"Banyak pengemudi yang terkejut ketika mereka berpindah lajur karena kendaraan di belakang yang tiba-tiba muncul. Fitur ini bekerja seperti ada mata di bagian belakang mobil. Keberadaannya akan mencegah terjadinya kecelakaan yang serius," ujar Glen Goold, Chief Programme Engineer Ford. (Baca juga : Edan, 2 Truk Listrik Taklukkan Jalur Gunung 4.300 MDPL )

Rencananya teknologi itu untuk pertama kali akan digunakan oleh mobil Ford yang dipasarkan di Inggris, Ford Kuga. Nantinya teknologi yang ada di Ford Kuga itu nantinya akan dipadukan dengan teknologi baru lainnya yakni Intersection Assist. Teknologi itu bekerja dengan menggunakan kamera depan dan radar guna mencegah terjadinya tabarakan akibat kendaraan lain yang melaju dari arah tidak terlihat yang kerap terjadi di perempatan jalan atau putaran jalan.

Ford Kuga sendiri memang memiliki banyak teknologi canggih. Mobil itu memiliki sistem teknologi keamanan Ford Co-Pilot 360 dimana seluruh mobil terpantau oleh monitor dan radar. Beberapa teknologi lainnya selain Lane Keeping-System with Blind Spot Assist dan Intersection Assist adalah Adaptive Cruise Control with Stop & Go, Speed Sign Recognition hingga Lane Centring.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)