Tak Siap Mobil Listrik, GM Siapkan Uang Cerai Rp6,9 Miliar

loading...
Tak Siap Mobil Listrik, GM Siapkan Uang Cerai Rp6,9 Miliar
CEO General Motors (GM) saat menghadirkan konsep mobil listrik Cadillac Lyriq yang dipercepat hadir pada 2022. Foto / IST
DETROIT - General Motors (GM) menyiapkan uang sebesar USD500.000 atau setara Rp6,9 miliar bagi dealer-dealer merek mobil General Motors yang tidak cocok dengan revolusi elektrifikasi yang akan dilakukan grup mobil asal Detroit, Amerika Serikat itu.

Diketahui beberapa waktu lalu CEO GM, Mary Barra mengumumkan akan melakukan perang total dalam perlombaan mobil listrik. Tidak tanggung-tanggung hingga tahun 2025, General Motors berencana membuat 30 mobil listrik baru. Mereka tidak main-main dengan rencana itu karena Chief Executive Officer (CEO) General Motors, Mary Barra mengatakan akan menyiapkan dana yang sangat besar untuk ambisi itu yakni sekitar USD27 milyar atau setara Rp378,2 triliun.

Mary Barra mengatakan nantinya mobil-mobil listrik buatan General Motors akan mengisi segmen mobil listrik dengan harga USD30.000 (Rp420,2 juta) hingga USD100.000 (Rp1,4 miliar). "Kami menginginkan semua orang bisa merasakan mobil listrik," ujar Mary Barra. (Baca juga : Honda City Hatchback Resmi Meluncur, Sorry Tak Mirip Honda Jazz )

Baru-baru in Automotive News malah menyebutkan, GM telah menyiapkan uang cerai bagi para dealer GM yang memang tidak siap dengan elektrikasi atau memandang mobil-mobil listrik bukan mobil yang diperlukan oleh konsumen Amerika Serikat. Bagi yang tidak sejalan GM menyiapkan uang sebesar USD300.000 (Rp4,1 miliar) hingga USD500.000 atau setara Rp6,9 miliar.



Uang perpisahan itu disiapkan ke semua dealerGM termasuk dealer Cadillac yang akan lebih dulu mendapatkan mobil listrik Cadillac Lyriq. Mobil listrik itu sebenarnya akan diluncurkan pada 2030. Hanya saja karena rencana baru dimajukan jadi 2022. Nah, bagi para dealer Cadillac yang tidak siap, mereka bisa mengambil uang cerai dan tidak lagi berjualan Cadillac.

"Kami ingin bergerak cepat dan memastikan para dealer sudah siap dengan akselerasi ini. Tawaran ini merupakan pilihan bagi para dealer yang memang merasa tidak cocok dengan elektrifikasi," ujar Mahmoud Samara, vice president of Cadillac North America. (Baca juga : Porsche Taycan Sukses Cetak Rekor Drifting Marathon 55 Menit )

Reaksi para dealer disebutkan Autoblog sangat beragam. Dan waktu mereka untuk memutuskan untuk bergabung dengan revolusi elektrifikasi itu akan ditentukan hingga 30 November. Jika tidak setuju mereka tinggal mengambil uang cerai yang ditawarkan GM.
(wsb)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top