Sukses Berdiet Ducati Monster Baru Makin Ganas dan Sangar

Kamis, 03 Desember 2020 - 10:57 WIB
loading...
Sukses Berdiet Ducati Monster Baru Makin Ganas dan Sangar
Posisi berkendara Ducati Monster kini jauh lebih nyaman dibandinkan posisi berkendara Ducati Monster sebelumnya. Foto / Ducati
A A A
BOLOGNA - Ducati menutup tahun 2020 dengan dua produk sangar yakni Ducati Monster dan Ducati Monster+. Untuk kedua model motor itu, Ducati melakukan banyak perubahan mulai dari segi desain, fitur dan frame baru. Selain itu kedua Monster yang lahir dari Borgo Panigale, Bologna, Italia itu kini jauh lebih ringan dari segi bobot dibandingkan Ducati Monster sebelumnya.

Dari segi dapur pacu, Ducati Monster dan Ducati Monster+ dilengkapi dengan mesin baru. Mesin Ducati Testastretta 11 V-Twin itu mampu menggelontorkan tenaga maksimal sebesar 111 daya kuda dan torsi maksimal 93 Nm. Tenaga maksimal itu bertambah 2 daya kuda dibandin mesin Ducati Monster sebelumnya yang mencapai 109 daya kuda. (Baca juga : Mobil Iron Man Kini Hadir dalam Versi Black Panther )

Performa mesin makin menarik, karena dari segi bobot, motor naked bike Ducati itu kin memiliki bobot 66 kilogram. Kedua motor ini diiibaratkan sudah fitness dan diet ketat sehingga lebih ringan 4,5 kilogram dibanding Ducati Monster lama. Ducati Monster baru ini juga semakin ringan berkat material baru velg motor yang kini lebih ringan 1,7 kilogram dibandingkan velg lama.

Perubahan yang paling mencolok adalah ditinggalkannya frame atau rangka legendaris khas Ducati yang ada di Ducati Monster yakni frame teralis. Kini Ducati Monster dan Monster+ emhhimlam rangka baru yang digunakan Ducati Paugale. Selain itu swing arm juga tampil beda karena menggunakan swing arm Ducati Multistrada V4.

Sukses Berdiet Ducati Monster Baru Makin Ganas dan Sangar


Fitur kopling anti-slip kali ini juga sudah terintegrasi dengan gearbox transmisi enam percepatan. Jadinya pengendara motor ini akan lebih ringan 20 persen saat melakukan perpindahan transmisi. Agar perpindahan transmisi semakin mulus dan ringan, Ducati menyiapkan fitur quickshifter sebagai fitur standar. Selain itu juga terdapat tiga mode berkendara yakni Sport, Touring dan Urban.

Selain desain dan frame teralis yang menghilang, posisi berkendara Ducati Monster juga berubah total. Jika dulu pengendara motor terkesan membungkuk kini posisi mengendarai motor buatan Italia hampir sedikit tegak. Hal itu terjadi karena setang sekarang diletakkan ke belakang sebesar 70 mm dengan footpeg terletak 10 mm lebih rendah dan 35 mm lebih jauh ke depan dari sebelumnya.

Pengereman menggunakan kaliper empat piston Brembo M4.32 Monobloc menjepit cakram 320 mm sementara cakram tunggal 245 mm dan kaliper Brembo menghentikan roda belakang. Untuk suspensi, garpu atas berdiameter 43 mm yang tidak dapat disetel dengan travel 130 mm menahan bagian depan sementara bagian belakang memiliki monoshock yang dapat disetel.

Ducati Monster 2021 hadir dalam dua pilihan warna - Ducati Red dan Dark Stealth dengan velg hitam atau Aviator Grey dengan velg GP Red. Untuk varian Monster +, flyscreen kecil dan penutup pembonceng merupakan perlengkapan standar, yang membedakannya dari model dasar Monster. (Baca juga : GESITS Siap Distribusikan 3.000 Motor Listrik Hingga Desember )

Pengereman menggunakan kaliper empat piston Brembo M4.32 Monobloc menjepit cakram 320 mm sementara cakram tunggal 245 mm dan kaliper Brembo menghentikan roda belakang. Untuk suspensi, garpu atas berdiameter 43 mm yang tidak dapat disetel dengan travel 130 mm menahan bagian depan sementara bagian belakang memiliki monoshock yang dapat disetel sebelumnya.

Ducati Monster 2021 hadir dalam dua pilihan warna - Ducati Red dan Dark Stealth dengan velg hitam atau Aviator Grey dengan velg GP Red. Untuk varian Monster+, flyscreen kecil dan penutup pembonceng merupakan perlengkapan standar, yang membedakannya dari model dasar Monster.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5320 seconds (0.1#10.140)