Toyota Buka Peluang Bawa Toyota Yaris Global ke Asia Tenggara

Selasa, 15 Desember 2020 - 17:00 WIB
loading...
Toyota Buka Peluang Bawa Toyota Yaris Global ke Asia Tenggara
Toyota Yaris versi global hanya dijual di Eropa, Amerika Serikat, Australia dan Jepang. Foto/Netcarshow
A A A
THAILAND - Toyota membuka peluang membawa Toyota Yaris versi global ke kawasan Asia Tenggara. Hal itu terlihat setelah Toyota Motor Thailand terdeteksi melakukan pengujian jalan Toyota Yaris versi global di jalanan baru-baru ini. (Baca juga : Volkswagen Kodok Bermesin Pesawat Jet Dijual Rp7,6 Miliar )

Diketahui Toyota memang memiliki dua versi Toyota Yaris. Pertama adalah Toyota Yaris versi global yang dijual di kawasan Amerika Serikat, Eropa, Jepang dan Australia. Kedua adalah Toyota Yaris untuk pasar negara berkembang. Nah, kawasan Asia Tenggara seperti Thailand, Filipina, Vietnam dan Indonesia adalah negara-negara yang selalu kebagian Toyota Yaris versi negara berkembang. Contohnya Toyota Yaris yang diluncurkan September lalu.

Situs Autoindustriya melaporkan mobil Toyota Yaris yang diujicoba di Thailand itu memang sangat berbeda dengan Toyota Yaris yang ada di pasar Asia Tenggara. Selain bentuknya yang lebih dinamis, grille yang sangat khas serta dimensi yang lebih kompak. Mobil itu semakin terlihat sebagai mobil uji coba karena adanya stiker Test Car di bagian kaca belakang mobil.

Toyota Buka Peluang Bawa Toyota Yaris Global ke Asia Tenggara


Mereka mengatakan ada dua kemungkinan mengapa Toyota mengujicoba Toyota Yaris versi global itu di Thailand. Pertama mereka berupaya menyeragamkan Toyota Yaris di berbagai wilayah dunia. Jadi tidak ada versi global dan versi pasar negara berkembang lagi. Hanya ada satu Toyota Yaris dan itu menggunakan versi global. (Baca juga : Tim Mekanik Isuzu Indonesia Menangi Kompetisi Internasional )
Namun bukan itu saja kemungkinannya. Menurut Autoindustriya bisa jadi saat ini Toyota tengah berupaya melakukan pengujian sejauh mana Toyota Yaris versi global bisa cocok dengan kondisi alam dan jalan yang ada di kawasan Asia Tenggara yang lebih ganas dan menantang ketimbang kondisi alam Eropa, Amerika dan Jepang.

Dari pengujian itu mereka diperkirakan akan mengembangkan Toyota Yaris terbaru untuk kawasan Asia Tenggara. Nantinya Toyota Yaris itu tidak serta merta mengikuti desain yang ada di Toyota Yaris Gobal tapi memiliki karakter dan fungsionalitas yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat negara berkembang. Selain itu Toyota Yaris tersebut akan menggunakan platform TNGA yang memang sudah digunakan di Toyota Yaris versi global yang ada saat ini.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1882 seconds (0.1#10.140)