Terinspirasi Pesawat Jet Tempur, Pagani Luncurkan Mobil Rp97,4 M

Jum'at, 18 Desember 2020 - 05:30 WIB
loading...
Terinspirasi Pesawat Jet Tempur, Pagani Luncurkan Mobil Rp97,4 M
Pagani Huayra Tricolore merupakan apresiasi Pagani akan kiprah Frecce Tricolori di udara selama enam dekade. Foto/Carbuzz.
A A A
JAKARTA - Pagani akhirnya membuka juga selubung video produk baru mereka yang berkaitan dengan kecepatan pesawat udara. Alih-alih menghadirkan mobil yang memiliki kecepatan layaknya pesawat udara, Pagani justru memberikan kado ulang tahun istimewa buat tim akrobatik Angkatan Udara Itala, Frecce Tricolori berupa mobil super sport, Pagani Huayra Tricolore. (Baca juga : Anak Magang Nissan Ciptakan Nissan GT-R di Masa Depan )

Diketahui, Angkatan Udara Italia memang memiliki tim akrobatik Angkatan Udara khusus bernma Frecce Tricolori. Dengan menggunakan pesawat Aermacchi MB-339 PAN Fighter Jet, aksi Frecce Tricolori kerap ditunggu oleh banyak pecinta pesawat tempur dunia. Tidak hern jika Frecce Tricolori berhasil mengharumkan nama Angkatan Udara Italia.

Terinspirasi Pesawat Jet Tempur, Pagani Luncurkan Mobil Rp97,4 M


Tahun ini, Frecce Tricolori merayakan 6 dekade kiprah mereka di udara. Berangkat dari situlah Pagani memberikan kado istimewa Pagani Huayra Tricolore. Namun itu bukan kado pertama dari Pagani buat Frecce Tricolori. Dalam perayaan ulang tahun Frecce Tricolori ke-50, Pagani juga membuatkan mobil super sport khusus Pagani Zonda Tricolore. Jadi mobil yang diberikan tahun ini memang jadi lanjutan dari mobil sebelumnya. Hanya beda modelnya saja.

Seperti Pagani Zonda Tricolore, Pagani Huayra Tricolore juga hanya diproduksi sebanyak tiga unit. Harganya pun fanstastis yakni USD7 juta atau setara Rp97,4 miliar. (Baca juga : Mitsubishi Capai Penjualan Bulanan Terbaik meski Dikepung PSBB )

Karena terinspirasi dari pesawat jet, Pagani Huayra Tricolore mengambil beberapa elemen pesawat jet. Misalnya desain sayap belakang mobil yang terinspirasi dari bagian ekor pesawat Aermacchi MB-339 PAN Fighter Jet. Di bagian sayap belakang ini juga dipasang nomor yang sesuai dengan nomor pesawat anggota Frecce Tricolori yakni 0 (Commander), 1(Kepala Formasi) dan 10 (Solois).

Selain itu desain velg juga dibuat semirip mungkin dengan turbin pesawat. Jadi ketika mobil berlari dengan kencang, velg akan terlihat seperti turbin pesawat jet tempur. Penampilan luar Pagani Huayra Tricolore makin sempurna dengan penambahan warna bendera Italia di samping body mobil.

Terinspirasi Pesawat Jet Tempur, Pagani Luncurkan Mobil Rp97,4 M


Untuk menghasilkan lebih banyak downforce, Huayra edisi terbatas dilengkapi dengan splitter depan yang lebih menonjol, sementara bumper depan baru dengan ekstraktor samping meningkatkan efisiensi intercooler. Air scoop yang menonjol juga meningkatkan pendinginan dan diffuser belakang semakin dioptimalkan.

Elemen pesawat tempur tidak hanya terlihat di eksterior. Pagani juga berupaya menguatkan aura pesawat tempur di bagian interior. Selain itu semua komponen aluminium yang ada di interior menggunakan bahan khusus aerospoace.

Untuk mesin, Pagani Huayra Tricolore, menggunakan mesin V12 dengan kapasitas silnder 6,0 liter dari Mercedes-AMG. Mesin itu menghasilkan tenaga 840 daya kuda pada 5.900 rpm dan torsi 811 lb-ft 2.000 hingga 5.600 rpm. Semua tenaga itu dikirim ke roda belakang melalui girboks sekuensial tujuh percepatan dengan diferensial elektromekanis, yang 35 persen lebih ringan dari girboks kopling ganda.Dengan tuning khusus, membuat mobil ini menjadi Pagani Huayra yang paling bertenaga di antara keluarga Pagani Huayra lainnya.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6042 seconds (0.1#10.140)