Aston Martin Angkat Kenangan Pesawat Supersonik Concorde

Jum'at, 18 Desember 2020 - 12:00 WIB
loading...
Aston Martin Angkat Kenangan Pesawat Supersonik Concorde
Aston Martin DBS Superleggera Concorde Edition merupakan perayaan 50 tahun pesawat Concorde. Foto/Autocar.
A A A
JAKARTA - Aston Martin menambah panjang daftar produk otomotif yang terinpirasi dari pesawat dalam membuat mobil. Sebelumnya Pagani membuat mobil yang terinspirasi dengan pesawat tempur yang digunakan tim akrobatik udara Frecce Tricolori. (Baca juga : Di Malaysia Penerobos Lampu Merah Bisa Kena 6 Bulan Kurungan )

Seperti Pagani, Lexus berupaya menghormati pilot penerbang Jepang Yoshihide Muroya dengan membuat mobil Lexus LC500h Aviation Edition yang beberapa elemen interior dan eksteriornya sama dengan pesawat yang digunakan Yoshihide Muroya. Begitu juga dengan Porsche yang membuat Porsche 911 Turbo S Embraer yang terinspirasi dengan pesawat jet pribadi Embraer Phenom 300E.

Aston Martin Angkat Kenangan Pesawat Supersonik Concorde


Mobil buatan Aston Martin justru tak kalah istimewa. Mobil Aston Martin DBS Superleggera Concorde Edition justru dibuat untuk mengapresiasi kiprah pesawat supersonik kebanggaan Inggris, Concorde. Aston Martin mengatakan mobil tersebut merupakan peringatan akan peristiwa 50 tahun lalu dimana pesawat Concorde untuk pertama kalinya mengangkasa.

Sebanyak 10 unit mobil dibuat dan sayangnya Aston Martin tidak memberikan pengumuman resmi akan harga mobil itu. Untuk pembuatan mobil itu, Aston Martin disebutkan bekerja sama dengan British Airways.

Sesuai namanya, Aston Martin DBS Superleggera Concorde Edition memang berupaya mengambil berbagai elemen yang ada di pesawat Concorde. Hanya saja elemen yang banyak digunakan hanyalah permainan warna yang bisa mewakili pesawat Concorde. Misalnya seperti warna dasar mobil yang total putih guna menyesuaikan warna dasar pesawat Concorde yang juga putih.

Selain itu ada livery khusus yakni perpaduan warna merah, putih dan biru yang merupakan warna khas dari British Airways. Diketahui di pesawat Concorde logo itu juga digunakan di badan pesawat. Untuk mobil Aston Martin spesial itu, pemasangan warna logo British Airways dihadirkan di spoiler, difuser belakang dan garis pinggir atap mobil. (Baca juga : Terinspirasi Pesawat Jet Tempur, Pagani Luncurkan Mobil Rp97,4 M )

Aston Martin Angkat Kenangan Pesawat Supersonik Concorde


Aston Martin juga memasang gambar pesawat Concorde di bagian samping mobil dalam bentuk garnish. Mereka juga memasang nomor pesawat Concorde, G-BOAC, di dalam mobil seperti di bagian pintu masuk dan penghalau paparan cahaya.

Meski terinspirasi dari pesawat supersonik, mobil ini tidak menggunakan mesin baru yang tenaganya bisa mencapai kecepatan supersonik. Mobil ini masih menggunakan mesin V12 turbo ganda 5,2 liter dari Mercedes-AMG yang bisa menggelontorkan tenaga 715 daya kuda.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2503 seconds (0.1#10.140)