Semuanya yang Kita Tahu tentang Motor Aprilia Tuono 660

Minggu, 17 Mei 2020 - 13:00 WIB
loading...
Semuanya yang Kita Tahu tentang Motor Aprilia Tuono 660
Mesin Aprilia Tuono akan menggunakan versi crankshaft 270 derajat, 660cc, kembar paralel. Ini akan menghasilkan 95 tenaga kuda, bukan 100 tenaga seperti di RS. Foto/Ist
A A A
MILAN - Aprilia memperkenalkan konsep bertenaga dua silinder baru di EICMA 2018 , namanya RS 660 Concept. Prototipe menggunakan varian 660cc dari mesin RSV4 1100 . (Baca juga: Aprillia Jual Motor Sport 150 cc Seharga Rp49,1 Juta )

Tidak butuh waktu lama untuk desas-desus tentang konsep tersebut sudah menuju tahap produksi. Indikasinya dari kemunculan foto tes kuda besi yang bocor di internet, hanya sebulan setelah debut konsep. Benar saja, pada tahun berikutnya, Aprilia meluncurkan RS 660 yang siap produksi.
Semuanya yang Kita Tahu tentang Motor Aprilia Tuono 660

Laman Rideapart.com mencatat, perusahaan juga memperkenalkan konsep kedua berdasarkan pabrik 660 -kali ini, Tuono mendapat perawatan menengah dengan Konsep Tuono 660. Sementara Aprilia belum mengkonfirmasi konsep ini akan mengikuti langkah-langkah RS dan mencapai produksi, mudah untuk menggabungkan keduanya.

Sementara publik automotif menunggu Aprilia memberi tahu pasar tentang motor sport-nya itu, inilah yang kita ketahui tentang Tuono 660.
Semuanya yang Kita Tahu tentang Motor Aprilia Tuono 660

Mesin Aprilia V4 saat ini mendukung dua model, RS dan Tuono. Tanda-tanda menunjukkan hal itu dengan peluncuran "Konsep" RS 660 dan Tuono 660.

Tuono 660 adalah versi semi-faired, detuned dari RS. Model ini diharapkan menggunakan bingkai aluminium twin-spar ringan yang sama dengan RS, unit memiliki setang yang lebih tinggi, kursi boncengan, dan kaki penumpang yang menghasilkan kinerja yang lebih ramah lingkungan.

Motor dibekali garpu terbalik 41mm Kayaba dan goncangan yang dapat disetel. Ditambah perangkat rem Brembo, juga diperkirakan akan ikut terbawa dari model RS tanpa perubahan.
Semuanya yang Kita Tahu tentang Motor Aprilia Tuono 660

RS 660 memiliki bobot 372 pound, tapi kita tidak tahu pasti bagaimana Tuono akan membandingkannya. RS lebih berorientasi pada jalan sehingga ada kemungkinan lebih ringan daripada Tuono yang membuatnya lebih fokus pada kinerja.

Karena Tuono adalah versi "strip-down" dari RS, ada juga kemungkinan motor bakal lebih ringan. Itu satu spesifikasi yang belum kita ketahui dari pabrikan.

Sedangkan untuk mesinnya, Tuono akan menggunakan versi crankshaft 270 derajat, 660cc, kembar paralel. Ini akan menghasilkan 95 tenaga kuda, bukan 100 tenaga seperti di RS dan bahkan ada pembicaraan tentang iterasi 45 tenaga kuda untuk menjadikannya ramah bagi pemula di daratan Eropa.

Aprilia memuat RS dengan banyak fitur teknologi yang biasanya ditemukan pada sepeda kelas atas. Sebut saja ABS menikung, kontrol traksi, mode berkendara, shifter cepat, pengereman engine, dan kontrol wheelie. Paket ini diharapkan akan ikut ditawarkan pada Tuono 660.

Diharapkan Aprilia Tuono 660 akan mencapai produksi menjelang akhir tahun, kemungkinan pada EICMA 2020.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3326 seconds (0.1#10.140)