Tak Mau Kalah dengan Apple, Huawei Bersiap Buat Mobil Listrik

Minggu, 28 Februari 2021 - 16:56 WIB
loading...
Tak Mau Kalah dengan Apple, Huawei Bersiap Buat Mobil Listrik
Huawei pernah bekerja sama dengan Porsche untuk membuktikan kecanggihan teknologi komunikasi yang mereka miliki. Foto/IST
JAKARTA - Huawei membuat langkah kejutan dengan berencana menghadirkan brand baru yang nantinya akan fokus dalam membuat mobil listrik. Dilaporkan Reuters, langkah Huawei membuat mobil listrik sangat serius karena saat ini mereka sedang melakukan diskusi dengan beberapa produsen mobil China di antaranya Changan Automobile.

Selain itu mereka juga tengah mengadakan penjajakan dengan Blue Park New Enery Technology yang merupakan perusahaan buatan BAIC Group yang fokus pada pembuatan mobil listrik.

Baca juga : Modifikator dan Desainer Otomotif Indonesia di Pentas Dunia

Disebutkan Reuters misi membuat mobil listrik itu akan dipimpin langsung oleh Head of Huawei Consumer Business Group, Richard Yu. Sosok Richard Yu adalah orang terdepan yang berhasil membawa Huawei menjadi salah satu pemain utama bisnis ponsel pintar di dunia. Richard Yu dianggap mampu membawa Huawei meraih posisi penting di dunia mobil listrik.



Dalam pembuatan mobil listrik itu Huawei akan bertindak sepenuhnya dalam proses desain sementara partner mereka, perusahaan mobil di China akan memproduksi listrik tersebut. Direncakan produksi mobil listri Huawei akan dirilis tahun ini.

Rencana pembuatan mobil listrik yang melibatkan perusahan seperti Huawei makin menambah daftar pemain tersebut. Sebelumnya Appledan Xiaomi juga berencana membuat mobil listrik. Apple hingga kini masih mencari-cari rekan yang tepat untuk memenuhi ambisi mereka membuat mobil listrik. Xiaomi tidak asing lagi dengan kendaran listrik karena mereka sudah pernah membuat motor listrik. Hanya saja untuk mobil mereka masih seperti Apple dan Huawei mencari rekan yang tepat.

Baca juga : Rider Italia Siap Keliling Dunia dengan Kawasaki Versys X-300



Hanya saja Huawei masih menutup-nutupi keinginan mereka dalam membuat mobil listrik. Juru bicara Huawei yang dikutip Reuters mengatakan Huawei bukanlah perusahaan pembuat mobil.

"Kami bukan pembuat mobil. Namun melalui teknoloihgi informasi dan komunikasi kami berupaya melihat mobil yang berorientasi dgigital dan penyedia komponen dengan nilai tambah, dimana akan membuat perusahaan OEM membuat kendaraan yang lebih baik," ujar juru bicara Huawei.

Dari pengakuan itu sepertinya Huawei akan menempuh jalur yang berbeda dengan Apple dan Xiaomi. Mereka justru akan menyediakan sistem digital dan informasi yang dibutuhkan mobil listrik agar jadi lebih unggul dibandingkan mobil listrik lainnya.
(wsb)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE