Mobil Roket Australia Siap Pecahkan Rekor Kecepatan 1.609 KPJ

Senin, 01 Maret 2021 - 19:00 WIB
loading...
Mobil Roket Australia Siap Pecahkan Rekor Kecepatan 1.609 KPJ
The Aussie Invader 5R akan berupaya memecahkan rekor kecepatan tertinggi di dunia pada tahun ini. Foto/Caradvice.
AUSTRALIA - Mobil roket buatan Austalia, The Aussie Invader 5R, siap memecahkan rekor kecepatan hingga 1.609 kilometer per jam (KPJ). Upaya pemecahan rekor itu rencananya akan dilakukan tahun depan di padang pasir Australia. Situs Car Advice menyebutkan lokasi rencananya akan dilakukan setidaknya di padang pasir yang ada di Queensland atau Western Australia.

Baca juga : Modifikator dan Desainer Otomotif Indonesia di Pentas Dunia

Rosco McGlashan, inisiator dan pengemudi The Aussie Invader R5 mengatakan mobil yang panjangnya mencapai 16 meter itu dirancang seluruhnya oleh para insinyur yangada di Perth. The Aussie Invader 5R menurutnya menggendong mesin bi-propellant rocket yang mampu menggelontorkan tenaga sebesar 149.000 kW atau setara 199.812 daya kuda. Car Advice malah membandingkan seluruh tenaga itu sama dengan seluruhtenaga total yang ada di 2.128 mobil Volkswagen Polo.

Dari sistem rekayasa komputer yang dijalankan, The Aussie Invader 5R mampu berakselerasi dari keadaan diam hingga 100 kilometer per jam dalam hitungan waktu 1,1 detik. Dari rekayasa itu juga diketahui untuk mencapai kecepatan 1.609 kilometer per jam, suhu 1.000 derajat celcius yang ada di dalam mesin mobil roket itu akan membakar sebanyak 2,8 ton cairan propellant.



Agar mampu berakselerasi dengan baik, ban yang digunakan memiliki ukuran 35 inci dengan berat masing-masing di setiap roda 140 kilogram. Ban juga bukan ban biasa melainkan ban yang dibuat dari aluminium solid.

Baca juga : Tak Mau Kalah dengan Apple, Huawei Bersiap Buat Mobil Listrik

Mobil Roket Australia Siap Pecahkan Rekor Kecepatan 1.609 KPJ


Rosco McGlashan mengaku sangat yakin mobil roket itu akan mampu meraih kecepatan 1.609 kilometer per jam. Dia yakin mobil itu akan mengalahkan rekor sebelumnya yakni kecepatan 1.228,7 kilometer per jam yang diraih oleh mobil roket Thrust SSC
pada 15 Oktober 1997.



"Kami sangat yakin mobil ini akan mampu mengalahkan rekor itu. Kami percaya mobil ini memiliki desain yang terbaik untuk mendapatkan rekor itu," terang Rosco McGlashan.

Dia mengatakan mobil roket buatannya juga hadir dengan berbagai teknologi terkini di bidang sains, aerodinamika, mekanika teknik dan roket. "Kami membuat berbagai inovasi yang tidak pernah ada sebelumnya. Kami juga memiliki para ilmuwan yang sangat termotivasi mewujudkan rekor baru," jelasnya lagi.

Di Australia sendiri nama Rosco McGlashan memang bukan nama sembarangan. Di Australia tercatat Rosco McGlashan adalah orang terkencang di Australia karena pernah berhasil mencetak rekor mobil dengan kecepatan tertinggi 802,6 kilometer per jam dengan mobil The Australian Invader generasi pertama. Jika berhasil mencetak rekor dengan The Australian Invader 5 maka Rosco McGlashan akan jadi orang terkencang di dunia.
(wsb)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE