Terobosan, India Wajibkan Semua Mobil Murah Punya Dua Airbags

Senin, 08 Maret 2021 - 19:19 WIB
loading...
Terobosan, India Wajibkan Semua Mobil Murah Punya Dua Airbags
Mobil baru di India dan mobil yang tengah produksi harus memenuhi ketentuan baru yakni dua airbags. Foto/IST
A A A
INDIA - Pemerintah India akhirnya melakukan terobosan dengan mewajibkan seluruh mobil entry level atau yang paling murah memiliki dua airbags. Hal itu terungkap melalui keterangan resmi Kementerian Perhubungan dan Transportasi Jalan India melalui akun twitter resmi mereka.

"Telah menjadi keputusan, seluruh mobil baru yang mulai diluncurkan per 1 April 2021 dan mobil yang sudah ada, per produksi 31 Agustus 2021 harus melengkapi dengan airbag untuk penumpang di bagian depan selain airbag buat pengemudi," tulis keterangan resmi Kementerian Perhubungan dan Transportasi Jalan India baru-baru ini.


Terobosan, India Wajibkan Semua Mobil Murah Punya Dua Airbags


Sebelumnya Kementerian Transportasi Jalan dan Jalan Bebas Hambatan India memang mendesak pabrikan mobil berhenti menjual kendaraan dengan standar keamanan rendah. Mereka prihatin karena di India sangat sedikit pabrikan mobil yang menerapkan standar keamanan tinggi pada mobil buatan mereka. Sayangnya mobil-mobil dengan standar keamanan tinggi itu justru hanya ditemukan di mobil tipe tertinggi.

"Saya sangat gelisah karena menemukan banyak model mobil yang dijual di India justru sengaja dibuat dengan standar keamanan yang rendah. Hal ini harus segera dihentikan," ujar Sekretaris Kementerian Tranportasi Jalan dan Jalan Bebas Hambatan India, Giridhar Aramane.



Dia melanjutkan kementerian juga kecewa karena pabrikan otomotif yang ada di India seakan tidak mau bersikeras membuat mobil dengan standar keamanan tinggi. Meski hal itu sebenarnya dilakukan karena memang keinginan dari masyarakaty India itu sendiri.

"Pabrikan sama sekali tidak menunjukkan usaha yang keras untuk menawarkan atau membuat mobil dengan kualitas yang tinggi. Hal ini benar-benar sulit untuk dimaafkan," jelasnya.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2224 seconds (0.1#10.140)