Harga Relaksasi, Low MPV Mana yang Potongannya Paling Besar?

Senin, 08 Maret 2021 - 21:01 WIB
loading...
Harga Relaksasi, Low MPV Mana yang Potongannya  Paling Besar?
Low MPV merupakan mobil yang sangat digemari di Indonesia. Relaksasi PPnBM membuat harga Low MPV jadi lebih menarik. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Relaksasi Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 0 persen yang resmi berlaku Maret ini membuat sejumlah Agen Pemegang Merek (AMP) merevisi harga mobil mereka termasuk mobil-mobil di segmen Low MPV. Harga baru tersebut tentu menimbulkan pertanyaan Low MPV mana yang menerima potongan paling besar.



Dari 21 mobil yang masuk dalam daftar penerima PPnBM 0 persen terdapat tujuh Low MPV yang masuk dalam kategori Low MPV yakni Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, Nissan Livina, Mitsubishi Xpander, Honda Mobilio, Suzuki New Ertiga, dan Wuling Confero. Mitsubishi Xpander Cross dan Suzuki XL7 tidak masuk dalam kategori Low MPV karena memang berada di segmen yang berbeda yakni Low SUV. Sementara Daihatsu Luxio berada di kategori lain yakni medium semi bonnet MPV.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) diketahui memberikan potongan harga Rp11 juta - Rp14 juta tergantung tipe Suzuki New Ertiga yang dipilih. Ambil contoh Suzuki Ertiga GA MT yang dulunya dijual di harga Rp210,5 juta. Setelah relaksasi PPnBM 0 persen harganya menjadi Rp119,4 juta. Artinya potongan yang mereka berikan untuk Suzuki New Ertiga GA MT adalah Rp11,1 juta. Untuk varina tertinggi Suzuki New Ertiga Sport yang dulunya dibanderol Rp266 juta kini dijual dengan harga relaksasi Rp252,650 juta. Artinya potongan yang diberikan mencapai Rp13,350 juta.

Potongan yang lebih besar dari Suzuki justru diberikan oleh Mitsubishi untuk Mitsubishi Xpander yakni dimulai dari Rp13 jutaan hingga Rp17 jutaan. Potongan harganya juga tergantung warna dan varian sehingga makin variatif. Contoh Mitsubishi Xpander Ultimate putih yang mendapat potongan harga Rp16,93 juta. Sehingga harga lama yang semula Rp278,9 juta menjadi Rp261,97 juta. Sementara Mitsubishi Xpander Ultimate non putih mendapat poytongan harga Rp16,77 juta sehingga harga yang diberikan yang semula Rp278,9 juta kini dibanderol Rp261,23 juta.

Bagaimana dengan Daihatsu Xenia? Diskon yang diberikan juga tidak jauh dengan Suzuki yakni Rp12 juta hingga Rp14,75 juta. Ambil contoh entry level Daihatsu Xenia X MT 1.3 STD yang kini dibanderol Rp184,5 juta. Sebelum relaksasi PPnBM mobil tersebut dijual di harga Rp196,75 juta.

Toyota Avanza yang dijual PT Toyota Astra Motor (TAM) juga mengalami diskon di range Rp12,6 juta hingga Rp15,75 juta. Penurunan harga terkecil terjadi pada tipe terbawah Avanza, dengan koreksi sebesar Rp 12,6 juta. Adapun penurunan harga terbesar adalah untuk tipe tertingginya yaitu sebanyak Rp 15,75 juta.

Range potongan yang sama juga terjadi di Honda Mobilio. Potongan harga dimulai dari Rp11,4 juta hingga Rp15 juta. Contohnya Honda Mobilio S MT yang kini dibanderol di harga Rp197,6 juta. Artinya turun Rp11,4 juta dari harga Rp209 juta.



Wuling juga tak kalah gencar memberikan potongan relaksasi. Hanya saja potongannya dibanding brand lain ternyata cukup kecil yakni berkisar Rp8,5 juta hingga Rp11,5 juta. Misalnya Wuling Confero MT Double Blower kini dijual di harga Rp146,3 juta. Turun Rp8,5 juta dari harga semula yakni Rp154,5 juta.

Bagaimana dengan Nissan Livina? Hingga kini Nissan belum memberikan harga resmi relaksasi PPnBM untuk model Nissan Livina. Tersiar kabar Nissan belum mengumumkan harga relaksasi karena memang model produksi 2021 Nissan Livina belum diedarkan ke dealer-dealer Nissan. Pasalnya untuk mendapatkan kebijakan relaksasi model yang dijual harus model tahun 2021.

Perlu dicatat Nissan Livina dengan VIN 2019 dan 2020 saat ini memang masih dijual. Diskonnya pun tak kalah menarik dengan potongan harga relaksasi.

Dari informasi di atas diketahui Mitsubishi Xpander memang jadi LMPV yang paling besar memberikan potongan sementara Wuling memberikan potongan yang paling kecil. Tapi perlu dicatat, meski potongannya besar Mitsubishi Xpander merupakan Low MPV dengan harga yang cukup tinggi dibandingkan Low MPV lainnya. Sementara Wuling Confero meski punya potongan relaksasi terkecil hingga kini dikenal sebagai Low MPV dengan banderol harga yang paling terjangkau.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4099 seconds (0.1#10.140)