Satu Aliansi, Bisakah Mitsubishi Evolution dan Nissan GT-R Berkolaborasi?

Senin, 08 Maret 2021 - 23:00 WIB
loading...
Satu Aliansi, Bisakah Mitsubishi Evolution dan Nissan GT-R Berkolaborasi?
Mitsubishi Lancer Evolution dan Nissan GT-R sudah jadi mobil yang ikonik di dunia mobil sport. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Mitsubishi dan Nissan merupakan aliansi otomotif yang sepakat untuk berbagi platform. Hal itu mereka buktikan dengan versi terbaru Mitsubishi Outlander. Mobil baru Mitsubishi itu menggunakan sasis, mesin dan interior Nissan X-Trail sementara body mobil tampil dengan desain khas Mitsubishi yakni Dynamic Shield.

Berbagi platform tentu jadi kesempatan yang menarik buat Mitsubishi dan Nissan. Tentunya kesamaan karakteristik dari mobil merupakan salah satu poin penting dalam berbagi platform.



Satu Aliansi, Bisakah Mitsubishi Evolution dan Nissan GT-R Berkolaborasi?


Dari situ muncul sebuah ide untuk membangkitkan kembali Mitsubishi Lancer Evolution yang telah lama disuntik mati Mitsubishi dengan menggunakan platform Nissan GT-R. Keduanya memang memiliki karakter yang sama yakni sama-sama sedan sport yang sangat legendaris.

Mitsubishi tentu bisa memanfaatkan state of the art produksi Nissan GT-R untuk membangkitkan kembali Mitsubishi Lancer Evolution. Seperti Mitsubishi Outlander yang menggunakan mesin, sasis, platform dan interior Nissan X-Trail baru, bisa saja Mitsubishi Evolution menggunakan mesin, sasis, platform dan interior dari Nissan GT-R.



Untuk pilihan mesin tentu akan jadi hal yang sangat penting. Pasalnya Nissan GT-R menggunakan mesin murni Naturally Aspirated 6 silinder sejajar dengan tenaga monster sebesar 600 daya kuda. Sebaliknya Mitsubishi Lancer Evolution X dengan mesin 4 silinder 1.998 cc turbo menghasilkan tenaga sebesar 403 daya kuda.

Kedua mesin memang memiliki karakteristik masing-masing dan penggemarnya sendiri-sendiri. Mitsubishi memang bisa mempertahankan penggemar setia mereka dengan mempertahankan mesin lama. Namun mereka bisa mengambil penggemar baru yang suka dengan mesin Nissan GT-Rsertamereka-mereka yang penasaran dengan wajah baru Mitsubishi Lancer Evolution berbahasa desain Dynamic Shield.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1872 seconds (0.1#10.140)