Mercedes-Benz S-Class, Mobil Pertama dengan Airbag yang Dirilis 40 Tahun Lalu

Minggu, 21 Maret 2021 - 16:04 WIB
loading...
A A A
Pada 1992, airbag pengemudi merupakan perlengkapan standar di semua model merek, dan diikuti oleh airbag penumpang depan sebagai standar dalam fitur keselamatan di 1994.

Banyak varian airbag lain mengikuti di tahun-tahun berikutnya dan bantalan pelindung yang menggembung, yang dipasang di berbagai posisi di kendaraan.

Menyelamatkan Nyawa
Airbag akan mengembang dalam beberapa detik di depan penumpang. Sensor mendeteksi perlambatan kecepatan yang sangat kepat, seperti pengereman mendadak dalam tabrakan langsung yang parah dan memicu penembakan muatan propelan.

Campuran gas yang dihasilkan, pada saat penemuan airbag terdiri dari nitrogen, menggembungkan penutup kain berbentuk bantal - airbag.

Ini menawarkan perlindungan terbaik jika dikombinasikan dengan sabuk pengaman, keduanya digunakan untuk melindungi tubuh bagian atas saat terlempar ke depan pada saat tabrakan.

Empat dekade lalu, Mercedes-Benz juga memiliki inovasi lain untuk sabuk pengaman. Pada akhir 1980-an, Mercedes-Benz meluncurkan airbag pengemudi bersama sistem pengaman penumpang depan, yang pada saat itu dikenal sebagai "pengencang sabuk".

Pada 1984, sabuk pengaman, sebutan yang sekarang lebih dikenal dengan fitur keselamatan ini, sudah menjadi perlengkapan standar untuk kursi depan semua mobil penumpang Mercedes-Benz.

Cara kerjanya, belt tensioner atau penegang sabuk pengaman bereaksi terhadap sinyal sensor yang sama seperti airbag pengemudi, yang juga dipicu oleh percikan api yang terkontrol dimana muatan propelan ditembakkan untuk mengencangkan sabuk pengaman pada tiga titik kursi hanya dalam waktu milidetik.

Hal ini menghilangkan kekosongan ruang antara tubuh bagian atas penumpang dan sabuk pengaman, sehingga kedua pengemudi dan penumpang depan ditahan erat oleh sabuk pengaman di kursi masing-masing.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2277 seconds (0.1#10.140)