Ini Cara Berkendara dan Merawat Mobil agar Kondisi Tetap Prima

Jum'at, 02 April 2021 - 12:06 WIB
loading...
Ini Cara Berkendara dan Merawat Mobil agar Kondisi Tetap Prima
Memastikan mobil selalu dalam kondisi sehat merupakan sebuah keharusan sebelum berkendara. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Memastikan mobil selalu dalam kondisi sehat merupakan sebuah keharusan sebelum berkendara. Tentu hal ini bisa mengurangi risiko kejadian yang tidak diinginkan, seperti mogok di jalan, atau bahkan kecelakaan.

Upaya standar yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil adalah rutin melakukan perawatan kendaraan secara berkala, di dealer resmi sesuai dengan anjuran di buku servis.

Namun, bisa juga dilakukan perawatan mandiri dari rumah tanpa harus ke bengkel. "Beberapa hal yang juga perlu diperhatikan seperti pemeriksaan ketinggian air radiator, air wiper, ketinggian oli, hingga tekanan ban," kata Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), kepada MNC Portal, Jumat (2/4/2021).

Tak hanya itu, cara berkendara juga bisa menjaga kendaraan agar tetap sehat. Faktor ini tak kalah penting dan harus selalu diperhatikan. Billy memaparkan, berkendara secara agresif bisa membuat komponen-komponen mobil lebih cepat rusak.

Misalnya, terlalu keras dan cepat menginjak gas saat akselerasi, terlalu sering menahan kopling untuk transmisi manual, dan mengabaikan kondisi ban. Hal-hal inilah yamg harus dihindarkan.

"Bisa juga membiarkan mobil dalam kondisi kotor setelah hujan atau terkena kotoran," tandasnya.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2775 seconds (0.1#10.140)