SPKLU Baru Milik Hyundai Terinspirasi Pit Stop Formula 1

Rabu, 07 April 2021 - 09:00 WIB
loading...
SPKLU Baru Milik Hyundai Terinspirasi Pit Stop Formula 1
E-Pit Charging Station merupakan SPKLU dengan kekuatan 350 kW. Foto/Hyundai.
SEOUL - Hyundai akan segera meluncurkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) baru yang dinamakan E-Pit Charging Station. Dilaporkan Carbuzz, E-Pit Charging Station itu terinspirasi oleh Pit Stop yang ada di ajang balapan mobil Formula 1.

Dibuatnya E-Pit Charging Station merupakan tindak lanjut dari hadirnya mobil-mobil listrik buatan Hyundai dan KIA yakni Hyundai Ioniq 5 dan KIA EV6. E-Pit Charging Station nantinya akan memberikan aliran tenaga listrik super-cepat buat mobil-mobil listrik itu.

Baca juga : Bos Air Asia Lego Mobil Legendaris Caterham ke Perusahaan Jepang

Hyundai memang mengatakan SPKLUini terinspirasi dengan Pit Stop mobil Formula 1 dari segi kecepatan cara kerja. Bak mekanik yang ada di Pit Stop Formula 1, yang bekerja super-cepat, E-Pit Charging Station bisa memberikan tenaga listrik hingga 80 persen dalam waktu 18 menit. Kinerja ini lebih dari setengah waktu yang dibutuhkan oleh SPKLU biasa.



"Hanya dalam waktu lima menit pengisian, mobil sudah bisa menempuh jarak sejauh 100 kilometer," klaim Hyundai seperti dikutip Electrive.

Kemampuan ekstra cepat dari E-Pit Charging Station ini dimungkinkan karena Hyundai melengkapi SPKLU yang berkekuatan 350 kW. Kemampuan ini menurut mereka bukan dikategorikan sebagai fast charging lagi tapi ultra rapid charging.

Baca juga : Mitsubishi Pertimbangkan Bawa Outlander PHEV Buatan Thailand



Meski terinspirasi dari kinerja Pit Stop Formula 1, dari segi tampilan SPKLU buatan Hyundai masih seperti SPKLU pada umumnya. SPKLU itu memiliki kanopi berukuran besar yang menaungi enam tower SPKLU.

Hyundai sendiri berencana membangun sebanyak 120 SPKLU Ultra Rapid Charging Station. Sebanyak 72 SPKLU akan ditempatkan di jalan-jalan bebas hambatan yang ada di Korea Selatan. Sisanya sebanyak 48 SPKLU akan dibangun di jalan-jalan arteri di 8 kota besar di Korea Selatan.
(wsb)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE