Lima Destinasi Wisata Super Prioritas akan Dibanjiri Kendaraan Listrik

Senin, 19 April 2021 - 20:01 WIB
loading...
Lima Destinasi Wisata Super Prioritas akan Dibanjiri Kendaraan Listrik
Toyota sudah bekerja sama dengan Kemenparekraf dengan menyediakan mobil listrik di Pulau Bali. Foto/Toyota
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menargetkan lima destinasi wisata super prioritas di Indonesia akan segera dibanjiri kendaraan listrik baik mobil listrik maupun motor listrik. Hal itu diungkap oleh Sandiaga Uno saat menghadiri IIMS Talks di ajang IIMS Hybrid 2021 baru-baru ini.

Baca juga : Masuk Italia, Motor China Siap Ganggu Dominasi Ducati dan MV Agusta

Diketahui lima destinasi wisata super prioritas yang ada di Indonesia adalah Labuan Bajo, Mandalika, Danau Toba, Likupang dan Borobudur. Sandiaga Uno mengatakan pihaknya memang berkomitmen mengemas lokasi pariwisata yang tidak hanya berkualitas tapi juga berkenaljutan. "Harapan saya destinasi destinasi wisata ini fokus kepada kendaraan ramah lingkungan yaitu electric vehicle bukan hanya mobil tapi juga motor," jelasnya.


Lima Destinasi Wisata Super Prioritas akan Dibanjiri Kendaraan Listrik


Langkah itu sendiri sudah dia awali melalui kerja sama dengan Toyota di Pulau Bali. Di Pulau Dewata itu Toyota sudah menyiapkan mobil listrik berukuran mikro berikut stasiun pengisian kendaraan listrik ulang (SPKLU) yang dibutuhkan untuk operasional mobil listrik itu. "Sekarang kita mengundang pihak-pihak lain juga untuk menginstal kendaraan listrik dan juga tempat yang bisa digunakan untuk mengisi ulang mobil listrik itu di 5 destinasi wisata super prioritas," ujar Sandiaga Uno.



Baca juga : Setelah Krisis Semikonduktor, Industri Otomotif Bakal Krisis Karet

Dia sendiri mengatakan harapannya lokasi wisata di Indonesia akan benar-benar bisa didominasi oleh kendaraan listrik. Contohnya harapan Sandiaga Uno pada 2030 dimana wilayah lokasi wisata Bali akan didominasi oleh kendaraan listrik secara penuh. "Seperti saya sudah declare kemarin harapan saya Bali pada 2030 akan all electric vehicle. Itu harapan saya. Ini jadi tugas sama-sama bukan tugas Parekraf sendiri tapi kita akan merangkul kementerian-kementerian lain, seperti Kemenkomarves, juga dengan Kementerian Perhubungan dan Perindustrian," jelasnya.

Sandiaga Uno berharap langkah ini akan jadi salah satu cara untuk mewujudkan target pemerintah Indonesia untuk jadi yang terdepan di industri mobil listrik. "Kita punya satu tujuan apa yang diarahkan oleh Presiden Jokowi agar jadi yang terdepan dalam perlombaan mobil listrik 10-20 tahun ke depan," tegasnya.
(wsb)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE