Mobil Listrik Pertama Lebanon Terinspirasi Kubah Batu Masjid Al-Aqsa

Senin, 26 April 2021 - 15:30 WIB
loading...
Mobil Listrik Pertama Lebanon Terinspirasi Kubah Batu Masjid Al-Aqsa
Quds Rise merupakan mobil listrik buatan pengusaha Lebanon berdarah Palestina. Foto/IST
A A A
LEBANON - Krisis ekonomi dan ketegangan politik yang mendera Lebanon ternyata tidak menghalangi Lebanon bekreasi dalam membuat mobil listrik. Baru-baru ini dilaporkan Wionews, seorang pengusaha Lebanon berdarah Palestina, Jihad Mohammad merilis mobil listrik buatan Lebanon yang bernama Quds Rise.

Jihad Mohammad mengatakan mobil ini merupakan mobil pertama yang dibuat secara lokal di Lebanon. Dari awal hingga akhir semuanya menggunakan sumber daya yang ada di Lebanon. Yang menarik Jihad Mohammad mengatakan mobil ini terinspirasi oleh Palestina. Beberapa simbol Palestina dapat ditemukan di mobil ini.



Mobil Listrik Pertama Lebanon Terinspirasi Kubah Batu Masjid Al-Aqsa


Misalnya logo emas yang ada di mobil yang menurutnya terinpirasi dari Dome of the rock atau Kubah Shahkrah Masjid Al-Aqsa yang berwarna emas. Sementara nama mobil yakni Quds Rise berarti kebangkitan Quds dimana Quds dalam bahasa Arab menunjuk pada Yerusalem.

Jihad Mohammad mengaku mendirikan perusahaan bernama EV Electra empat tahun lalu untuk membuat mobil listrik pertama di Lebanon. Saat ini dia telah memperkerjakan 300 karyawan yang merupakan warga negara Palestina dan Lebanbon. Dia berencana mobil itu akan diproduksi tahun ini dengan target 10.000 unit per tahun.



Dia berharap di masa depan mobil listrik Lebanon ini akan mampu bersaing dengan mobil-mobil ramah lingkungan lainnya sepertti hibrid dan listrik. Dia juga berharap mobil ini akan diterima dengan baik oleh masyarakat Lebanon meski saat ini menghadapi krisis ekonomi dan ketegangan politik. Quds Rise sendiri dijual di harga USD30.000 atau setara Rp429,2 juta.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5093 seconds (0.1#10.140)