7 Fakta Tentang LSUV Honda N7X Concept yang Diketahui Sejauh Ini

Selasa, 04 Mei 2021 - 09:30 WIB
loading...
7 Fakta Tentang LSUV Honda N7X Concept yang Diketahui Sejauh Ini
Honda N7X Concept adalah versi bongsor dari Honda BR-V dan akan masuk ke segmen Low SUV. Foto: dok Honda
A A A
JAKARTA - Untuk pertama kalinya di dunia, Honda mengenalkan mobil konsep 7–seater terbaru dalam acara virtual Digital World Premiere di Jakarta, Senin (3/5) kemarin.

Mobil konsep berjuluk New 7 Seater eXcitement (N7X) itu diklaim sebagai mobil yang memadu pengalaman berkendara serta kenyamanan premium.



”Kami sangat bangga menjadikan Indonesia sebagai yang pertama di dunia untuk memperkenalkan N7X Concept, mobil yang akan mendefinisikan ulang mobil di kategorinya dan juga kesenangan berkendara,” beber Takehiro Watanabe, Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor (HPM).

7 Fakta Tentang LSUV Honda N7X Concept yang Diketahui Sejauh Ini

Tentu saja, pengumuman ini mendapatkan respons positif di kalangan warganet. Banyak sekali pertanyaan yang ingin diketahui.

Namun, PT HPM agaknya berupaya menjaga excitement dan rasa penasaran konsumen dengan hanya membagikan sedikit sekali informasi terkait Honda N7X Concept.
Nah, berikut adalah beberapa fakta tentang Honda N7X Concept yang dikumpulkan Sindonews:

1. Dirancang untuk Pasar Indonesia
7 Fakta Tentang LSUV Honda N7X Concept yang Diketahui Sejauh Ini

Masih berstatus sebagai mobil konsep, Honda N7X Concept dirancang dan dikembangkan oleh Honda R&D Asia Pacific Co.

Kendati studinya dilakukan di berbagai negara, namun seperti halnya Honda Mobilio dan BR-V, Honda menitik beratkan pada karakter konsumen di Indonesia. Itu sebabnya, Digital World Premiere dilakukan di Indonesia.

“Studi ini kami lakukan sangat mendalam dan cukup lama. N7X Concept akan menawarkan performa berkendara menyenangkan khas Honda,” ujar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing PT HPM.

2. Masuk Kategori Low SUV (LSUV)
Honda N7X Concept dikonsepkan sebagai mobil yang memiliki kabin lega seperti Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan 7-seater, namun tampang dan sensasi berkendara ala Sport Utility Vehicle (SUV).

Mobil tersebut diposisikan untuk masuk ke pasar Low SUV yang saat ini dihuni oleh Honda BR-V. Mengapa LSUV? Karena pasar LSUV terus meningkat. ”Tren pada Januari-Maret 2021, pasar LSUV terus naik dan bahkan sudah melampaui LMPV,” ujar Billy.

3. Lebih Besar dari BR-V
Sejauh ini, yang sudah pasti dari Honda N7X Concept adalah desain eksteriornya (velg bisa berubah saat produksi). Tampilan depannya masih mempertahankan konsep Solid Wing Face. Grill warna chrome-nya tampak besar, berotot dan menonjol. Garis desainnya tajam dan kokoh. Sementara bentuk lampu belakang mirip dengan Honda City Hatchback RS.

Dibanding Honda Mobilio dan BR-V, dimensinya lebih besar. ”Masukan yang kami dapat, konsumen ingin mobil yang lebih besar lagi. Ukurannya memang disesuai dengan kebutuhan lokal indonesia,” ujar Billy.

4. Ditargetkan untuk Generasi X?
Melalui keterangan resminya, Honda N7X Concept disebut mengincar keluarga Generasi X. Artinya pasangan atau keluarga dengan usia 30an tahun yang membutuhkan mobil besar berkapasitas 7 penumpang.

5. Bisa dilihat di Dreams Café
Honda N7X Concept saat ini tampil untuk umum di Dreams Cafe by Honda yang berlokasi di Lantai Dasar Mall Senayan Park, Jakarta, sampai 6 Juni 2021.

6. Dilengkapi Fitur Honda LaneWatch
7 Fakta Tentang LSUV Honda N7X Concept yang Diketahui Sejauh Ini

Tampilan dashboard Honda Amaze di India.

Honda N7X Concept disebut mengusung sejumlah fitur canggih. Dari video teaser Honda N7X Concept, desain dasbor dan speedometer-nya terlihat mirip dengan Honda Amaze, versi sedan dari Honda Brio yang sangat sukses di India.

7 Fakta Tentang LSUV Honda N7X Concept yang Diketahui Sejauh Ini

Nah, yang unik, di kaca spion bagian kiri terlihat ada sebuah kamera. Artinya, Honda N7X Concept akan mengusung fitur Honda LaneWatch yang sebelumnya sudah digunakan di Honda Accord di Indonesia. Ini masuk akal mengingat Honda N7X Concept memiliki dimensi yang lebih panjang dan lebar dibanding Honda BR-V. Sehingga butuh ekstra perhatian pada posisi blind spot atau tak tertangkap kaca spion.

LaneWatch adalah fitur blind spot monitoring yang visualnya bisa dilihat pada layar panel tengah di dasbor. Fungsinya sama dengan kaca spion pada umumnya. Namun, visualnya dihasilkan dari sebuah kamera.

Selain memberi tampilan visual kaca spion kiri, di layar LaneWatch juga ada indikator garis untuk mengetahui jarak mobil dengan kendaraan lainnya.

7 Fakta Tentang LSUV Honda N7X Concept yang Diketahui Sejauh Ini

Honda N7X Concept dilengkapi Lane Watch untuk meningkatkan penglihatan pada bagian samping kiri kendaraan. Fitur Honda LaneWatch sangat membantu mengatasi blind spot.

LaneWatch akan aktif otomatis saat lampu sein kiri aktif atau menekan tombol yang ada pada tuas sein. Fitur ini sangat membantu saat ingin belok ke kiri atau pindah jalur saat berada di jalan tol.

7. Dipamerkan di GIIAS 2021
7 Fakta Tentang LSUV Honda N7X Concept yang Diketahui Sejauh Ini

Jika melihat strategi PT HPM sebelum-sebelumnya di Honda Brio hingga Mobilio, maka alurnya akan seperti ini:

Pada Mei-Juli 2021, PT HPM akan memboyong Honda N7X Concept ke berbagai daerah untuk “menggoda konsumen”.

Selanjutnya, Honda N7X Concept akan dipamerkan perdana di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 pada 12 Agustus-22 Agustus 2021 mendatang.



Di event tersebut, konsumen sudah bisa mulai melakukan booking. Selanjutnya, mobil akan dikirim perdana ke konsumen pada Januari 2022.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2678 seconds (0.1#10.140)